Detail Karya Ilmiah
-
AN ANALYSIS OF TEXTS PRODUCED BY CHILDREN SUFFERING DYSLEXIC DYSGRAPHIAPenulis : IKA WIJAYANTIDosen Pembimbing I : Iqbal Nurul Azhar, S.S., M.HumDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK--Penelitian berada di bawah naungan ilmu Psikolinguistik yang terfokus pada pembahasan tentang gangguan dalam menulis (writing dyslexia / dyslexic dysgraphia) dalam film Backwards: The Riddle of Dyslexia dan Like Stars on Earth. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan tipe-tipe kesalahan dalam menulis yang dibuat oleh tokoh yang mengalami gangguan dalam menulis (writing dyslexia / dyslexic dysgraphia) dan untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan tokoh tersebut memiliki kesulitan dalam menulis. penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Brian Ellsworth dan Ishaan Awasthi sebagai tokoh dalam film tersebut yang mengalami gangguan dalam menulis (writing dyslexia / dyslexic dysgraphia) membuat kesalahan dalam menulis yang disebut sebagai "mirror imaging" lebih sering daripada jenis-jenis kesalahan yang lain dalam menulis. Pada akhirnya, faktor utama yang menyebabkan mereka membuat banyak kesalahan dalam menulis adalah ketidakmampuan mereka dalam menggunakan kemampuan "auditory memory" sebagai salah satu elemen dalam "auditory perception" karena mereka memiliki keterbasan dalam ingatan jangkapanjang dalam otak mereka.
AbstractionABSTRACT--This study is on Psycholinguistics scope which focuses on writing dyslexia or dyslexic dysgraphia in Backwards: The Riddle of Dyslexia and Like Stars on Earth the movies. The aims of this study are to find out the types of mistake in writing made by the characters suffering dyslexic dysgraphia and the factors which cause the characters suffering dyslexic dysgraphia have difficulties in writing. This study was designed as descriptive qualitative study. The data analysis reveals that Brian Ellsworth and Ishaan Awasthi as the characters suffering dyslexic dysgraphia make mirror imaging mistake in writing more than other types of mistake. Finally, the main factor which causes them make many mistakes in writing is the inexistence of auditory memory in their auditory perception since they have limited function in their long-term memory in their brain.