Detail Karya Ilmiah
-
APLIKASI PENENTUAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI MATERI MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANIPenulis : ACHMAD SUKRONDosen Pembimbing I : AERI RACHMAD, S.T., M.TDosen Pembimbing II :Abstraksi
Pada umumnya perguruan tinggi telah memiliki sistem yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap mahasiswanya. Penilaian tersebut dilakukan dengan berdasarkan pada parameter yang ada dalam perguruan tinggi. Pada masing-masing perguruan tinggi diatur dengan berdasarkan peraturan akademik yang dimiliki oleh perguruan tinggi. Kegiatan tersebut masih dilakukan dengan cara manual, dengan cara mendatangi setiap kelas dan memberikan beberapa tugas kepada mahasiswa. Ada banyak sistem penilaian telah dikembangkan para dosen untuk melihat pencapaian mahasiswa dalam proses perkuliahan. Dengan sistem tersebut dosen lebih mudah melihat tingkat kemampuan mahasiswa dalam menerima dalam satu mata kuliah. Selain itu dapat membantu mahasiswa agar lebih fokus terhadap materi yang kurang paham. Sehingga mahasiswa bisa meningkatkan kualitas belajar terhadap matakuliah yang belum dipahami. Pada penelitian ini dosen dapat memberikan Soal pilihan ganda (Multiple Choice) kepada mahasiswa di prodi Multimedia dan Jaringan, di metode ini penilaiannya itu diproses dengan cara melihat semua nilai setiap pertemuan dan di rata–rata sehingga menjadi nilai uts dan uas, setelah itu baru di proses dengan Pembentukan himpunan fuzzy, Aplikasi fungsi implikasi (aturan), Komposisi aturan, Penegasan (deffuzy). Pada metode Fuzzy Mamdani. Hasil dari penelitian ini yaitu dosen bisa melihat kemampuan mahasiswa dalam memahami materi dan yang tidak memahami materi oleh mahasiswa tersebut.
AbstractionIn general, universities have a system that is used to assess students. The assessment is done based on parameters that exist in the college. In each of the universities governed by the rules-based academic owned by the college. The activity is still done manually, by visiting every class and give some tasks to students. There are many scoring systems have been developed by the lecturers to see the achievement of students in the lecture. With this system the lecturer's easier to see the level of students' ability to receive within one subject. Moreover, it can help students to be more focused on material that is less understood. So that students can improve the quality of learning on subjects that are not yet understood. In this study, the lecturer can give MCQs (Multiple Choice) to students in the department of Multimedia and Networking, in this method assessment was processed by seeing all the values ??of each meeting and on average so that it becomes uts and UAS, after the new the formation process of the fuzzy set, Applications implication function (rule), composition rules, Assertions (deffuzy). On Fuzzy Mamdani. The results of this study are professors could see the students' ability to understand the material and do not understand the material by the student.