Detail Karya Ilmiah
-
PERBAIKAN TATA LETAK LAYOUT HYPERMART BANGKALAN DENGAN PENDEKATAN MARKET BASKET ANALYSISPenulis : imam hanafiDosen Pembimbing I : Dr.Rachmad Hidayat, M.T.Dosen Pembimbing II :Achmad Sabarudin., ST.MTAbstraksi
Market Basket Analysis merupakan salah satu teknik dari data mining yang digunakan untuk menentukan produk-produk manakah yang akan dibeli oleh pelanggan secara bersamaan dengan melakukan analisa terhadap daftar transaksi pelangganPeneliti melakukan survey mengenai tata letak layout di Hypermart Bangkalan. Dari hasil survey peneliti menemukan permasalahan yang berhubungan dengan tata letak layout di perusahaan ritel tersebut. Berdasarkan hasil survey ditemukan bahwa tata letak barang Hypermart dalam pengaturannya menggunakan aturan penataan berdasarkan jenis produk, ukuran dan ciri khas produk. Pengaturan posisi produk di minimarket Hypermart Bangkalan masih menggunakan subyektifitas manajemen dan tidak memperhatikan dari segi perilaku konsumen. Dari hasil perhitungan nilai support factor, confidence serta improvement ratio dapat di analisis bahwa 23 kategori produk dapat di analisis secara keseluruhan. Terdapat 506 kombinasi pasangan kategori produk yang digunakan dalam penentuan Layout.
AbstractionMarket Basket Analysis is one of data mining techniques are used to determine which of the products will be purchased by the customer together with the analysis of the list of transactions pelangganPeneliti conducted a survey regarding the layout of the layout at Hypermart Bangkalan. From the survey researchers found problems related to the layout of the layout in the retail company. Based on the results of the survey found that the layout of goods Hypermart in its settings using the rules of the arrangement based on product type, size and characteristics of the product. Setting the position of the products in the mini Hypermart Bangkalan still using the subjectivity of management and do not pay attention to in terms of consumer behavior. From the calculation of the value of the support factor, confidence and improvement ratio can be analyzed that 23 categories of products can be analyzed as a whole. There are 506 combinations of pairs of product categories used in the determination of Layout.