Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN DISCRETE CHOICE PADA INDUSTRI BATIK TULIS MADURA BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (Studi Kasus : Batik Tulis Tanjung Bumi)Penulis : Moh. JufriyantoDosen Pembimbing I : Dr. Rachmad HidayatDosen Pembimbing II :Sabarudin Akhmad, S.T., M.T.Abstraksi
Analisis Discrete choice adalah teknik yang sering dan biasa digunakan dalam ekonomi kesehatan, pada teknik tersebut individu disajikan dengan alternatif hipotesis mengenai barang atau jasa yang terdiri dari sejumlah atribut dengan tingkatan yang berbeda, kemudian dari individu tersebut diminta untuk memilih alternatif berdasarkan atribut yang diberikan seperti dari segi kualitas, harga dari barang atau jasa tersebut. Hasil yang diharapkan dari Discrete choice yaitu mengetahui preferensi mengenai kriteria produk batik tulis tanjung bumi yang diinginkan konsumen. Metode yang digunakan dalam analisis menggunakan binary logistic (regresi logistik) Penelitian ini diharapkan mapu memberikan pertimbangan bagi pelaku pengrajin batik tulis untuk mendapatkan pangsa pasar yang baik dengan atribut-atribut yang ada. Hasil penelitian yang disukai oleh 50 responden terhadap kriteria batik tulis berdasarkan nilai probabilitas tertinggi yaitu ada 3 alternatif pilihan yaitu pilihan 13 dengan probabilitas 0,695 dan beberapa kriteria yaitu : pada harga batik responden menginginkan harga 265 ribu, dengan bahan prima jempol , pewarnaan secara sintetis, kontemporer serta dengan ciri khasnya warna lebih cerah, pilihan ke- 12 memiliki nilai probabilitas yaitu 0,694 dengan beberapa kriteria yaitu pada harga batik responden menginginkan harga 250 ribu, dengan bahan prima jempol , pewarnaan secara sintetis, modern serta dengan ciri khasnya warna lebih cerah, pilihan 1 dengan nilai probabilitas yaitu 0,692 dengan beberapa kriteria yaitu pada harga batik responden menginginkan harga 265 ribu, dengan bahan prima jempol , pewarnaan secara sintetis, motif kontemporer serta dengan ciri khasnya warna lebih halus Kata kuci : Discrete choice, Regresi Logistik, nilai probabilitas, Kriteria produk Batik.
AbstractionDiscrete choice analysis is a technique often used in economics and health, the individual is presented with the techniques of alternative hypotheses about the goods or services which consisted of a number of attributes with different levels, from the individual then asked to choose an alternative based on attributes that are given as of In terms of quality, the price of the goods or services. Expected results of discrete choice is to know the preferences regarding the criteria batik products that consumers want promontory earth. The method used in the analysis using binary logistic (logistic regression) This research is expected to give consideration to the perpetrator mapu batik artisans to get a good market share with existing attributes. Results of the study were favored by 50 respondents to the criteria batik based on the highest probability value is there are three alternatives that option 13 with probability 0.695 and several criteria: the price of batik respondents wanted the price of 265 thousand, with prime ingredients thumb, synthetic coloring, contemporary as well as with his trademark bright colors, have the 12th selection probability value is 0.694 with several criteria, namely the price of batik respondents wanted the price to 250 thousand, with prime ingredients thumb, synthetic coloring, modern and with his trademark bright colors, option 1 the probability that the value of 0,692 with several criteria, namely the price of batik respondents wanted price 265 thousand, with prime ingredients thumb, synthetic coloring, contemporary motif as well as with his trademark finer color Key words: Discrete choice, Logistic Regression, probability values, criteria Batik product.