Detail Karya Ilmiah
-
PENGUKURAN KINERJA MARKETING MIX DAN PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN UKM BATIK PAMEKASANPenulis : IMAM AL-FARISYIDosen Pembimbing I : Dr. KUKUH WINARSO, S.si, M.TDosen Pembimbing II :AHMAD MUGHNI, S.T, M.Eng, M.GtAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pemasaran berdasarkan marketing mix serta merumuskan strategi pengembangan pemasaran pada UKM Batik Pamekasan untuk bisa bersaing dengan produk-produk lainnya. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Importance Performance Analysis yang digunakan untuk mengukur kinerja marketing mix berdasarkan persepsi konsumen, PGCV Index yang digunakan untuk menentukan skala prioritas peningkatan kinerja marketing mix serta analisis SWOT yang digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran UKM Batik Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel product yang memenuhi harapan konsumen yaitu kualitas warna pada produk batik, bahan pewarna dan kehalusan produk batik. Pada variabel price yang memenuhi harapan konsumen yaitu harga produk yang sudah memuaskan konsumen. Pada variabel promotion, konsumen belum merasa puas terhadap UKM, sedangkan pada variabel place sudah merasa puas pada kemudahan mendapatkan produk batik di pasar tradisional. Berdasarkan analisis SWOT, didapatkan strategi pemasaran pada UKM Batik Pamekasan yaitu dengan meningkatkan kualitas produk batik untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas di dalam negeri maupun global, pemerintah membantu UKM batik untuk meningkatkan promosi produk keluar negeri, memanfaatkan kondisi pasar dengan memberikan penawaran harga sesuai dengan keadaan ekonomi masyarakat serta meningkatkan hubungan dengan pegawai negeri/instansi pemerintah supaya menjadi konsumen tetap produk batik Pamekasan. Kata kunci: Marketing mix, Importance Performance Analysis, PGCV Index, Analisis SWOT
AbstractionThis research is to find out the marketing on marketing mix and formulating marketing strategies for development of the UKM Batik Pamekasan to be able to compete with other products. The analysis used in this research are importance performance analysis used to measure the marketing mixed on consumer perceptions, PGCV index used to determine the priority scale of marketing mixed and SWOT analysis used to formulating marketing strategies UKM Batik Pamekasan. This research result indicates that the variables product in consumer expectations that the quality of the product batik, a coloring material and subtle product batik. In variable price in the hope that the consumer products already satisfy customers. In variable promotion, consumers were unsatiable for UKM based on variables place it was amazed at the ease of getting people in product markets. Based on the analysis SWOT acquired marketing strategy on UKM Batik Pamekasan namely by increasing the quality of the people to gain market share of broader at home and globally, the government is helping UKM batik to improve product promotion out the land to use the market to provide a bargain price based on the economy condition and to improve relations with the public servants/governance institutions in order to keep consumer products batik Pamekasan. Keywords: Marketing mix, Importance Performance Analysis, PGCV index, SWOT analysis