Detail Karya Ilmiah

  • MENGIDENTIFIKASI HUBUNGAN KEPUASAN KONSUMEN DAN KEINGINAN PEMBAYARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANONIKAL KORELASI
    Penulis : zamrony
    Dosen Pembimbing I : Dr.Kukuh Winarso,S.Si.,M.T.
    Dosen Pembimbing II :Ida Lumintu, ST., MT., Ph.D.
    Abstraksi

    Kebutuhan masyarakat kota Bangkalan terhadap air bersih sangat tinggi, Kebutuhan terpenuhi dengan adanya PDAM yang menyalurkan bantuan mengalirkan air bersih pada rumah yang tidak dapat membuat sumur. Menilai tingkat tingginya pengaruh yang di sebabkan oleh keinginan konsumen terhadap kepuasan konsumen dan pembayaran tagihan sesuai jadwal. Menggunakan analisis kanonikal korelasi penulis mencoba untuk melihat seberapa besar pengaruh yang diberikan. Kanonikal korelasi adalah ilmu statistik tentang model multivariat yang mempelajari tentang kuatnya hubungan beberapa set variabel dependen dengan set variabel independen. Mengidentifikasi adanya keluhan yang di rasakan oleh konsumen, maka digunakan alat analisis kanonikal korelasi untuk melihat faktor apa yang menyebabkan keluhan konsumen tersebut. Mengambil 30 data untuk presampling kemudian menggunakan teknik purposive sampling untuk melengkapi sampel yang telah ditentukan. Hasil penelitian menggunakan perhitungan muatan kanonikal didapatkan nilai variabel kepuasan adalah 0,99713 dan jarak pembayaran (0,65711), kualitas air (0,57181), harga (0,54506). Jadi, memang terdapat hubungan yang signifikan antara dependen variate dengan independen variate. Jadwal pembayaran dan kepuasan konsumen berkolerasi secara nyata secara bersama-sama meskipun untuk korelasi jadwal pembayaran terbilang lemah, tetap berkorelasi terhadap variabel keinginan konsumen. Jadi, variabel yang memiliki hubungan paling kuat adalah variabel jarak pembayaran , kualitas air, dan harga air.

    Abstraction

    Bangkalan community need of water is very high. This is fulfiled by Indonesia - Water Utilities (PDAM) specially for any people who have no well in their house. Assessing the high impact caused by community need of water to the customer satisfaction and bills payment scheduled, we use Canonical Correlation Analysis to find how high the impact is. Canonical Correlation Analysis is method for exploring the relationship between two multivariate sets of variables (vectors). Identifying customer complaints, we use Canonical Correlation Analysis tools to obtain the factors causing it, taking 30 datas for presampling then using Purposive Sampling Technique to complete the determined sample. This analysis research indicates the value of satisfaction is 0.99713 and the payments distance(0.65711), water quality (0.57181), pricing (0,54506). There is a significant relationship between dependent and independent variate. Payments schedule and customer satisfaction are significantly correlated though for correlate of Payments schedule is low, still correlated to variable want of customer. The strongest relationship of variables are between (jarak) payments, pricing, and water quality.

Detail Jurnal