Detail Karya Ilmiah

  • STUDI PEMASARAN MEDIA SOSIAL PELAKU BISNIS PADA EKUITAS PELANGGAN
    Penulis : MOHAMMAD IERFAN AUGUSTA
    Dosen Pembimbing I : TRISITA NOVIANTI
    Dosen Pembimbing II :AGUSALIM
    Abstraksi

    Media sosial kerap dijadikan sebagai sarana membentuk aset pelanggan dengan komunikasi yang efektif terhadap pelanggan. Banyak sekali merek-merek, dan barang-barang dipasarkan secara online melalui media sosial seperti facebook, twitter, youtube dan lainnya. Sehingga pembatas antara produk dan merek terhadap konsumen dapat berkomunikasi tanpa pembatasan tempat dan waktu. Kegiatan pemasaran media sosial merupakan suatu bentuk kegiatan untuk mengevaluasi niat beli dan ekuitas pelanggan. Berkaitan dengan ini merek adalah sesuatu yang sering dimunculkan pada kegiatan media sosial, dengan memposting di sejumlah akun media sosial. Dengan demikian, pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi yang dirasakan dalam kegiatan pemasaran media sosial dari merek untuk mengevaluasi pengaruh kegiatan-kegiatan pada niat beli dan ekuitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Dengan mengambil sampel responden para pelaku bisnis online. Yang natinya akan diketahui hubungan-hubungan yang terjadi dalam kegiatan pemaaran media sosial. Yang meliputi variabel social media marketing activities, value equity, relationship equity, brand equity, purchase intention dan customer equity. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh pada kegiatan pemasaran media sosial pelaku bisnis adalah social media marketing activities yang berperan penting dalam meningkatkan praktek bisnis online. Sedangkan variable value equity merupakan variable yang berperan dalam meningkatkan niat untuk membeli kembali pada konsumen. Untuk customer equity tidak memberikan dampak yang lebih pada praktek pemasaran media sosial. Sehingga para pelaku bisnis online dapat memanfaatkan media sosial untuk praktek bisnisnya agar lebih baik. Kata Kunci : Bisnis Online, Partial Least Square (PLS), Social Media Marketing Activities

    Abstraction

    Social media is often used as a means of shaping customer assets with effective communication with customers. There are so many brands and goods marketed online through social media such as facebook, twitter, youtube and others. So that the barrier between the product and the brand to the consumer can communicate without restrictions on the place and time. Social media marketing activity is a form of activity to evaluate and purchase intentions and customer equity. This relates to the brand is something that is often raised on social media activities, with a post in a number of social media accounts. Thus, this study aims to identify perceived in social media marketing activities of the brand to evaluate the effect of activities on purchase intention and customer equity. This study uses Partial Least Square (PLS). By taking a sample of respondents online businesses. Natinya which will be known relationships that occur in social media pemaaran activities. Which includes variable social media marketing activities, value equity, relationship equity, brand equity, purchase intention and customer equity. The results of this study showed that the variables that affect the activity of social media marketing businesses is social media marketing activities play an important role in improving business practices online. While the equity value variable is a variable that plays a role in increasing the intention to buy back the consumer. For customer equity is not greater impact on social media marketing practice. So that online businesses can utilize social media to its business practices for the better. Keywords: Online Business, Partial Least Square (PLS), Social Media Marketing Activities

Detail Jurnal