Detail Karya Ilmiah
-
PERANCANGAN TATA LETAK LAYOUT MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) DI SWALAYAN GOLDEN PAMEKASANPenulis : SamhariDosen Pembimbing I : Dr. H. Rachmad Hidayat., MT.,Dosen Pembimbing II :Sabaruddin Akhmad S.T., M.TAbstraksi
Market Basket Analysis (MBA) merupakan salah satu teknik dari data mining yang digunakan untuk menentukan produk-produk manakah yang akan dibeli oleh pelanggan secara bersamaan dengan melakukan analisa terhadap daftar transaksi pelanggan Peneliti melakukan survey mengenai tata letak layout di Golden Pamekasan. Dari hasil survey peneliti menemukan permasalahan yang berhubungan dengan tata letak layout di perusahaan ritel tersebut. Berdasarkan hasil survey ditemukan bahwa tata letak barang Golden dalam pengaturannya menggunakan aturan penataan berdasarkan jenis produk, ukuran dan ciri khas produk. Pengaturan posisi produk di Golden Pamekasan masih menggunakan subyektifitas manajemen dan tidak memperhatikan dari segi perilaku konsumen. Dari hasil perhitungan nilai support factor, confidence serta improvement ratio dapat di analisis bahwa dari 23 kategori produk tidak dapat di analisis secara keseluruhan. Kata kunci: Market Basket analysis, Kombinasi, support factor, confidence serta improvement ratio
AbstractionMarket Basket Analysis is one of data mining techniques are used to determine which of the products will be purchased by the customer together with the analysis of the list of transactions pelanggan Peneliti conducted a survey regarding the layout of the layout at Golden Pamekasan. From the survey researchers found problems related to the layout of the layout in the retail company. Based on the results of the survey found that the layout of goods Golden in its settings using the rules of the arrangement based on product type, size and characteristics of the product. Setting the position of the products in the mini Golden Pamekasan still using the subjectivity of management and do not pay attention to in terms of consumer behavior. From the calculation of the value of the support factor, confidence and improvement ratio can be analyzed that 23 categories of products can not be analyzed as a whole. keywords : Market Basket analysis, Combination, support factor, confidence and improvement ratio.