Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN METODE CHOICE BASED CONJOINT UNTUK MENGETAHUI PREFERENSI NASABAH DALAM PEMILIHAN BANKPenulis : SHOFI FITROTIS SALIMAHDosen Pembimbing I : Dr. RACHMAD HIDAYATDosen Pembimbing II :SABARUDIN AKHMAD, S.T., M.T.Abstraksi
Percobaan konjoin adalah teknik untuk memahami keinginan konsumen terhadap produk atau jasa dengan mengukur tingkat kegunaan dan nilai kepentingan relatif berbagai atribut suatu produk. Choice Based Conjoint (CBC) merupakan salah satu bentuk percobaan konjoin yang berdasarkan pada pilihan. CBC merupakan metode untuk merancang suatu konsep. Output yang diharapkan dari percobaan CBC ini untuk mengetahui preferensi nasabah mengenai konsep bank yang paling disukai. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode count dan regresi logistik. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pertimbangan bagi bank untuk memperbaiki atribut-atribut fasilitas bank sehingga dapat menarik minat nasabah untuk menabung di bank. Hasil penelitian ini berupa konsep bank yang paling disukai oleh 50 orang responden yang menjadi nasabah bank yang menggunakan produk tabungan di Kabupaten Sampang. Berdasarkan Nilai Relatif Penting (NRP) atribut yang mempengaruhi responden dalam memilih bank fleksibilitas ATM, lokasi bank, fasilitas ebanking dan jaminan keamanan. Adapun konsep bank yang memiliki Nilai Kegunaan Total (NKT) tertinggi adalah kemudahan transaksi dengan menggunakan proses transaksi yang terkomputerisasi, fleksibilitas ATM dengan menggunakan kartu ATM Gold, lokasi bank di tempat yang aman, jaminan keamanan yang diberikan dengan membangun sistem keamanan yang berlapis dan fasilitas e banking dengan menggunakan SMS Banking (konsep pada profil 6).
AbstractionConjoint experiments is a technique to understand the consumer's preference toward products or services by measuring overall utility and relative importance result of various product attributes. Choice Based Conjoint (CBC) is type of conjoint experiments based on choices. CBC is a method for designing a concept. The expected output from CBC's experiment to determine the preferences of customers regarding the most preferred bank concept. The analytical method used is the count method and logistic regression. This research is expected to provide consideration for banks to improve the attributes of bank facilities in order to attract customers to save in banks. Results of this research is the most preferred bank concept by 50 respondents who become bank customers who use savings products in Sampang. Based on Relative Importance Result (NRP) attributes that influence the respondents in choosing a bank flexibility of ATM, bank location, ebanking facilities and security guarantees. The bank concept with the highest Total Utility Values (NKT) is ease of transactions by using computerized transaction processing, flexibility ATM using ATM Gold card, bank locations in a secure place, security guarantees given with building security system layered and e banking facilities by using SMS Banking (concept on profile 6).