Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI PEMASARAN UKM BATIK MADURA DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) 2015
    Penulis : ANDIKA TRI KUSUMA W
    Dosen Pembimbing I : Dr.KUKUH WINARSO,S.Si.,M.T.
    Dosen Pembimbing II :ERNANING WIDIASWANTI,S.Si.,M.T.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan terkait dengan penyelenggaraan MEA 2015, pelaku usaha batik Madura perlu mempersiapkan diri dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk mendapatkan pangsa pasar di MEA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pelaku usaha batik Madura tentang adanya MEA dan untuk merumuskan strategi pemasaran dengan marketing mix yang ditetapkan di UKM Batik Madura yang meliputi produk, metode penetapan harga, promosi yang dilakukan dan distribusi produk batik ke konsumen dalam menghadapi MEA. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik sampling jenuh melalui kueisioner. Metode analisis yang digunakan yaitu analisi faktor dengan metode principal component analysis dan bauran pemasaran (4P) yang meliputi Product, Price, Promotion, dan Place. Penelitian ini menghasilkan 5 faktor yang mempengaruhi persepsi pelaku usaha batik dalam menghadapi MEA 2015 yaitu faktor kesiapan produk batik dalam menghadapi MEA, faktor eksternal atau pendukung, faktor informasi MEA, faktor manajemen usaha, dan faktor permodalan. UKM batik Madura perlu menerapkan bauran pemasaran agar dapat bersaing di pasar bebas ASEAN, yaitu dengan meningkatkan kualitas produk batik, menerapkan harga kompetitif sesuai dengan ketentuan MEA, promosi secara luas dengan media internet, dan menyalurkan produk ke konsumen melalui perantara yang tepat.

    Abstraction

    This research was carried out related to the holding of the 2015 ASEAN Free Trade Area (AFTA), batik’s entrepreneur Madura need to prepare to implement appropriate marketing strategies to gain market share in MEA. The purpose of this study was to identify factors that influence the perception of batik’s entrepreneur Madura batik MEA and to formulate marketing strategies with marketing mix set out in the SME Batik Madura which includes product, method of pricing, promotion and distribution channels performed in the face of the MEA. This study uses primary data with random sampling technique through kueisioner. The method of analysis that used is the analysis of factors by method of principal component analysis and marketing mix. This study resulted in five factors that influence the perception of batik business operators in the face of AEC 2015 is a factor MEA and product information, factors opportunities and challenges in the face of the free market, external factors or support, business management factors, and factors of capital and resources. the application of the marketing mix in order to compete in the free market of ASEAN, namely improving the quality of batik products, prices apply in accordance with the provisions of the MEA, promotional widely with internet media, and distribute products to consumers through appropriate intermediaries.

Detail Jurnal