Detail Karya Ilmiah
-
Strategi Pengembangan Industri Kecil Menengah Kerajinan Cor Kuningan Di Kecamatan Trowulan kabupaten MojokertoPenulis : Yesi VerawatiDosen Pembimbing I : Ari Basuki, S.T,.M.TDosen Pembimbing II :Nachnul Anshori, S.T, .M.TAbstraksi
Kecamatan Trowulan merupakan sentra industri kerajinan cor kuningan yang terletak di Kabupaten mojokerto. Kerajinan cor kuningan merupakan salah satu produk unggulan yang berpeluang untuk mengembangkan perekonomian lokal masyarakat setempat. Namun potensi ini tidak didukung dengan adanya penanganan yang tepat dalam pengembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan faktor internal dan eksternal untuk menentukan strategi pengembangan, dengan menentukan prioritas strategi pengembangan yang tepat digunakan sesuai dengan kondisi industri kecil menengah kerajinan cor kuningan di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan permasalahan yang ada pada industri kecil menengah kerajinan cor kuningan Mojokerto maka penelitian ini menggunakan analisis faktor internal untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada industri kerajianan cor kuningan. Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) yang bertujuan untuk menentukan strategi. Dalam pengambilan keputusan untuk menentukan strategi yang tepat maka diperlukan system pendukung keputusan yang dapat memperhitungkan segala kriteria yang mendukung pengembangan industri kecil menengah kerajinan cor kuningan di Mojokerto. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang relevan adalah strategi dengan cara memperluas jaringan pemasaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan cara pembuatan website atau email sebagai sarana promosi pengembangan E-commerce. Kata Kunci: Strategi pengembangan industri kecil menengah, SWOT
AbstractionTrowulan sub-district is a cast brass craft industrial centres located in Mojokerto regency. A cast brass craft is one of the superior products which likely possess chances to develop local society’s economy. Yet, this potency has not supported by a well handling in its development. The purpose of this research is to determine the internal and external factors deciding the development strategy, by deciding the right development strategy priority used properly with the small-middle cast brass industry in Trowulan sub-district, Mojokerto regency. Based on the existing problems in small-middle cast brass craft industry in Mojokerto, so this research is using internal factor analysis to find the strength and weakness of cast brass craft industry. SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) analysis intend to deciding the strategy. In supporting the decision to determine the right strategy, it is necessary to have a supporting system which consider all supporting criteria in developing small-middle cast brass craft industry in Mojokerto. The result of this research that the market web using technology growth using website or email as the tool to promote Ecommerce development. Keywords: Growth strategy small-middle industry, SWOT