Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH DIAMETER PIPA KATALISATOR, JENIS BUSI,DAN KONSENTRASI ETANOL YANG DITAMBAH PADA BENSIN PREMIUM PADA PRODUK PENGHEMATAN BAHAN BAKAR HCS(HIDROCARBON CRACK SYTEM) TERHADAP DAYA SEPEDA MOTORPenulis : abu mutolibDosen Pembimbing I : mu'alim,ST., MTDosen Pembimbing II :Sugeng purwoko, ST., MT.Abstraksi
ABSTRAK Bahan bakar merupakan salah satu energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk kehidupan sehari-hari, dalam penggunaannya lambat laun sumber bahan bakar semakin berkurang ketersediaannya, sedangkan di satu sisi kebutuhan manusia akan bahan bakar semakin besar, hal ini tidak sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh manusia. Alternatif-alternatif tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah menangani krisis BBM dan untuk mendapatkan sumber bahan bakar yang murah sehingga masyarakat kecil dapat mengkonsumsi bahan bakar untuk kebutuhannya, setidaknya dengan adanya langkah pengolahan bahan bakar alternatif juga dapat membantu penghematan konsumsi BBM. Penghematan BBM merupakan salah satu langkah dalam menanggulangi krisis BBM dan kelangkaan BBM yang menjadi kendala bagi masyarakat kecil, langkah tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara yang dapat menghemat BBM. Salah satu produk penghemat bahan bakar yang ada di pasaran adalah Hidrocarbon Crack System (HCS). HCS adalah produk penghemat BBM dengan sistem memecah atom hydrocarbon (bahan bakar premium atau pertamax) menjadi atom hydrogen (H2) dan carbon (C) dengan cara menggunakan pipa katalisator yang dipanaskan. Panas luar/exothermic yang digunakan adalah berasal dari panas mesin maupun dari knalpot yang bisa mencapai temperatur hingga 400 0C. (http://penghemathcs.blogspot.co.id/p/latar-belakang.html).Hidrocarbon Crack System (Hcs) Diameter Pipa Katalisator, Jenis Busi, Dan Kosentrasi Etanol Terhadap Daya Mesin Sepeda Motor .
AbstractionABSTRAK Various efforts to save fuel, especially on motorcycles such as with the addition of a fuel -saving device , the addition of additives lakohol on fuel and use spark better performance. Parameters that are important in the effort to save fuel is not reducing the power generated by a motorcycle engine itself while also resulting emissions must be environmentally friendly because now the issue is getting special attention in the world and also from the Indonesian government . Motor power is the ability of the motor fuel to generate power from the conversion of heat energy into rotary energy . Motor power is influenced by several things including the first volume of a cylinder that is a step or steps to the large volume ( piston displacement ) coupled with the volume of the combustion chamber. Second , the compression ratio which is the ratio between the contents of the cylinder to the combustion chamber or the compression chamber . Third , the volumetric efficiency is theoretically the amount of fuel and air into the cylinder with the volume steps, but in reality little ( less ) caused by air pressure , temperature , length of the channel (intake manifold ) , the shape of the channel and the waste products of combustion in the cylinder . One fuel -saving products on the market is a hydrocarbon Crack System ( HCS ) with the fuel-saving .HCS adalahproduk sistemmemecah atomhydrocarbon ( premium fuel or pertamax ) into atomic hydrogen ( H2 ) and carbon ( C ) dengancara using a catalyst heated pipe . Outdoor hot / exothermicyang used is derived from the heat from the engine and exhaust can reach temperatures up to 400 0C .Based on this background, this research will make use of the experimental design influences fuel saver product HCS catalyst for keeping the hose diameter , type of plugs used and the composition of the addition of alcohol in connection with the premium motorcycle engine power is generated . Key words catalyst pipe diameter , type of plugs , the concentration of ethanol , motorcycle engine power