Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH INOVASI PRODUK KERAJINAN TERHADAP KINERJA PEMASARANPenulis : EKO SETYO NUGROHODosen Pembimbing I : TRISITA NOVIANTI, STP.,MTDosen Pembimbing II :INDRA CAHYADI, ST.,M.BUS.,PHdAbstraksi
Pada dunia industri yang semakin canggih dan perdagangan bebas pada saat ini inovasi produk diharapkan dapat memberikan konstribusi yang baik untuk peningkatan kinerja pemasaran khususnya pada UKM pot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UKM Pot Kemansen yang dibantu dengan software smartPLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap daya saing dan daya saing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, namun inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk dipengaruhi oleh tiga variabel yaitu orientasi pasar, orientasi teknologi dan kepemimpinan. Kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap inovasi produk, sedangkan orientasi pasar dan orientasi teknologi berpengaruh secara signifikan terhadap inovasi produk.
AbstractionIn the industrial world are inscreasinglyshophisticated and free trade at the current product innovations are current product innovations are expected to contribute both to improve performance marketing, especially on UKM pot. This study aims to determine the effect of product innovation on the performance of UKM Pot Kemansen assisted with software smartPLS. These results indicate that the product innovation significantly affect the competitiveness and the competitiveness of a significant effect on the performance of marketing, but product innovation does not affect the performance of marketing, product innovation is influenced by three variables : market orientation, the orientation of technological and leadership. Leadership has no effect on product innovation, while market orientation and technology orientation significantly influence product innovation.