Detail Karya Ilmiah

  • Perumusan Strategi Bersaing Produk Tas Dan Koper Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sidoarjo Dengan Menggunakan Pendekatan Rantai Nilai
    Penulis : Widi Dwi Nugroho
    Dosen Pembimbing I : Dr. Kukuh Winarso S.SI., M.T
    Dosen Pembimbing II :Ida Lumintu S.T., M.T., P.HD
    Abstraksi

    Industri tas dan koper merupakan salah satu sentra industri kecil dan menengah unggulan Kabupaten Sidoarjo. Namun, terdapat beberapa ancaman yang dihadapi oleh sentra industri tas dan koper diantaranya adalah inovasi produk yang lambat, serta banyaknya produk pesaing baik dari dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pendekatan strategis yang dapat meningkatkan daya saing produk tas dan koper. Pendekatan yang dilakukan dalam masalah ini adalah dengan melakukan pendekatan rantai nilai. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis rantai nilai produk tas dan koper Tanggulangin untuk mendapatkan strategi yang kompetitif yang dapat digunakan sebagai strategi bersaing produk tas dan koper. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis finansial, analisis SWOT serta analisis CSF dengan pendekatan IPA. Dari hasil penelitian didapatkan nilai tambah terbesar terdapat pada segmen pengerajin sebesar 48,75%. Sedangkan pada analisis SWOT didapatkan bahwa sentra industri tas dan koper Sidoarjo berada pada kuadran II.

    Abstraction

    Bags and luggage industry is one of the industrial centers of small and medium-sized seed Sidoarjo. However, there are some threats faced by the industrial centers of bags and suitcases which are slow product innovation, as well as the number of competitors' products both from within and outside the country. Therefore we need a strategic approach which can improve product competitiveness bags and suitcases. The approach taken in this problem is to perform a value chain approach. The aim of this study is to analyze the product value chain bags and suitcases Tanggulangin to gain a competitive strategy that can be used as a competitive strategy product bags and suitcases. The method used in this study is the financial analysis, SWOT analysis as well as analysis of CSF with IPA approach. From the results, the biggest added value contained in the craftsmen segment amounted to 48.75%. While the SWOT analysis showed that industrial centers Sidoarjo bags and suitcases are in quadrant II.

Detail Jurnal