Detail Karya Ilmiah
-
ANALISA TINGKAT PENERIMAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)Penulis : Verdina Apriliana Elfa SariDosen Pembimbing I : Andharini Dwi C, S.Kom., M.KomDosen Pembimbing II :Rika Yunitarini, S.T., M.T.Abstraksi
ANALISA TINGKAT PENERIMAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) Verdina Apriliana Elfa Sari (11.04.1.1.1.00086) Pembimbing 1 : Andharini Dwi C, S.Kom., M.Kom Pembimbing 2 : Rika Yunitarini, S.T., M.T. ABSTRAK Media pembelajaran elektronik saat ini semakin banyak digunakan khususnya di dunia pendidikan yaitu e-learning. E-learning merupakan alat bantu proses belajar mengajar dalam bentuk digital, dimana siswa dan guru dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun dengan cara online. Keberhasilan penggunaan metode belajar ini bukan suatu hal yang mudah, sikap dan perilaku penerimaan siswa dan guru terhadap media pembelajaran e-learning ini juga perlu diketahui. Dengan menggunakan model yang sudah ada yaitu Technology Acceptance Model (TAM) kemudian di kalibrasi untuk mengetahui kebenaran dan seberapa besar nilai pengaruh faktor-faktor yang ada pada model TAM. Penelitian ini melakukan survey kepada siswa dan guru yang sebelumnya menggunakan proses pengajaran tanpa e-learning. Dengan menggunakan metode Delphi untuk mendapatkan faktor-faktor yang berpengaruh dan membuat list kusioner. Pengukuran pada model TAM yang digunakan untuk pengolahan data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil dari pemodelan TAM menunjukkan bahwa tingkat penerimaan terhadap media pembelajaran e-learning adalah signifikan positif. Faktor-faktor konfirmatori yang mempengaruhi tingkat penerimaan e-learning Bahasa Madura adalah valid. Dengan aktualisasi penggunaan yang dapat dijelaskan oleh variabilitas persepsi kemudahan,kegunaan,sikap, dan minat pengguna terhadap e-learning memberikan nilai kontribusi sebesar 33%. Kata Kunci : E-Learning, TAM (Technology Acceptance Model), SEM (Structural Equation Model)
AbstractionANALYSIS OF ACCEPTANCE OF MEDIA LEARNING E-LEARNING USING TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) Verdina Apriliana Elfa Sari*, Andharini Dwi Cahyani**, Rika Yunitarini*** Program Studi Teknik Informatika, Universitas Trunojoyo JL. Raya Telang, PO BOX 2, Kamal, Bangkalan-69162 e-mail: *verdina.apriliana@gmail.com, ** andharini.dwi.cahyani@gmail.com, *** rika_yunitarini@yahoo.com, Abstract Now, Electronic learning media have a lot of used, especially in the world of education is e-learning. E-learning is a teaching and learning tools in digital form, where students and teacher can use it anytime and anywhere with the online way. The successful use of this method of learning is not an easy, attitude and behaviour of students and teacher acceptance to e-learning media also needs to be known. By using the existing model in the Technology Acceptance Model (TAM) then it calibrated to know the truth and how much value the influence of factors in the TAM model. This study did a survey of students and teacher who previously used the teaching process without e-learning. By using the Delphi method to get the influence factors and make the list a quistionare. TAM measurement model used for data processing using Structural Equation Model (SEM). The result of modeling TAM shows that the level of acceptance to e-learning media is positive significant. Factors that influence the level of acceptance confirmatory e-learning Madura is valid. With the actuallization of the use that can be explained by the variability of the perceive easy, usability, attitude, and users interests of the e-learning provides contribution rate of 33%. Keyword : E-Learning, TAM (Technology Acceptance Model), SEM (Structural Equation Model)