Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK SISTEM IN-APP PURCHASE PADA GAME HEROES OF SURABAYAPenulis : Ahmad UbaidillahDosen Pembimbing I : Cucun Very Angkoso, ST., MT.Dosen Pembimbing II :Ari Kusumaningsih, ST., MT.Abstraksi
Pada perkembangan nya, pemain mobile game bertambah banyak, sebagian dari mereka rela membeli premium item di dalam game yang mereka mainkan. Pemain mobile game khususnya di Indonesia banyak yang merasa kesulitan ketika melakukan transaksi pada sistem in-app purchase dalam game, dikarenakan media pembayaran uang digital memiliki banyak keterbatasan, dan media pembayaran dengan pemotongan pulsa hanya dimiliki oleh beberapa operator seluler saja, sedangkan media pembayaran dengan menggunakan ads tidak disukai oleh sebagian besar pengguna mobile game. Solusi permasalahan tersebut adalah dengan menggabungkan Augmented Reality dengan sistem m-commerce atau bisa juga disebut aCommerce yang mampu menangani transaksi in-app purchase menjadi lebih menarik sehingga pemain mempunyai solusi pembayaran dengan memakai kartu marker untuk pembelian item di dalam game. Aplikasi aCommerce ini mampu mendapatkan 96% kepuasan pengguna dari inovasi penjualan yang menarik, akan tetapi performa kecepatan aplikasi mendapatkan nilai terkecil sebesar 35% dari tingkat kepuasan pengguna, selain itu aplikasi aCommerce masih bergantung dengan cahaya dan jarak ketika mendeteksi marker, marker Vignette, Comic, Glow dan Old Poster mampu mendapatkan nilai 100% keberhasilan pendeteksian pada semua kondisi, marker Black & White, Blur Pixel, serta Old Pastel mempunyai prosentase keberhasilan yang berbeda pada setiap kondisi, sedangkan marker lain tidak terdeteksi karena terlalu berbeda dari marker asli.
AbstractionIn this era, mobile game players grow so fast, some of them are willing to buy premium items in the game that they play. Mobile games player, especially in Indonesia, they meet many problem when doing transactions with in-app purchase at the game, because the payment with digital money has many limitations, and payment media with the cutting pulse is only owned by several mobile operators only, whereas the payment media using Advertisement is not favored by the majority of mobile game users. The solution to these problems is to combine Augmented Reality with m-commerce systems (aCommerce), aCommerce capable of handling transactions in-app purchase to become more attractive, so players have a payment solution using a marker card to purchase items at the game. Applications aCommerce was able to get 96% user satisfaction of innovation sales were interesting, but the performance speed of the application to get the smallest value equal to 35% of the level of user satisfaction, in addition to the application aCommerce still dependent on the light and distance when detecting marker, marker Vignette, Comic, Glow and Old Poster is able to get the value of 100% detection success in all conditions, marker Black & White, Blur Pixel, and Old Pastel has a different percentage of success in every condition, while another marker was not detected because it is too different from the original marker.