Detail Karya Ilmiah
-
Rancang Bangun Game Edukasi Hanifida untuk Menghafal Asmaul Husna Berbasis Mobile AndroidPenulis : Muhammad Anang SetiawanDosen Pembimbing I : Cucun Very Angkoso, S.T., M.KomDosen Pembimbing II :Arik Kurniawati, S.T., M.KomAbstraksi
Dunia pendidikan mulai masuk kedalam dunia teknologi informasi. Banyak sekali kegiatan positif yang dapat membantu dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar di lingkungan pendidikan. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan agama, khususnya agama islam. Sekarang cukup banyak aplikasi-aplikasi seperti Al-Qur’an digital dan jadwal shalat yang terpasang di komputer maupun laptop. Namun, untuk aplikasi kategori game masih belum tersedia.Hanifida merupakan metode baru yang dirasa sangat efektif dalam menghafal 99 asmaul husna. Media-media yang ada masih belum menggunakan media digital, apalagi berbasis game mobile. Seperti kita ketahui, perangkat mobile sangat digemari oleh masyarakat, khususnya mobile android. Belajar menghafal asmaul husna melalui game juga akan lebih menarik, ringkas, dan tidak cepat bosan. Media yang akan digunakan dalam mengimplementasilkan metode hanifida yaitu melalui game edukasi dengan tujuan untuk mempermudahkan pengguna dalam belajar yang menyenangkan. Di dalam game ini terdapat menu materi dan game yang terdiri dari 4 level.Game edukasi Hanifida secara langsung memunculkan hasil penilaian pemain. Pada tiap-tiap level menggunakan metode fuzzy untuk mengkategorikan nilai pemain. Dari 4 level permainan tersebut, masing-masing nilai akan diambil dan diakumulasikan untuk mendapatkan nilai akhir. Diakhir permainan, pemain akan mendapatkan badge digital yang berisikan nilai pemain dari setiap level dengan format .jpeg. Kata kunci : Hanifida, mobile android, game edukasi .
AbstractionWolrd of education begin entry into the world of information technology. Many positive activitycan help a learning activity in environmental education. No exception in religion education, especially Islamic religion. Now, pretty much applications like digital Al-Qur’an pray schedule that attached in computer or notebook. However, for applications of game category still not availabale. Hanifida is new method that feeled very effective in memorizing 99 asmaul husna. Some existing media still not yet use digital media, what’s more on mobile game. As we know, mobile device veryfavored by the people, especially android mobile. Learn of memorizing asmaul husna through the game will more simple too and do not get bored. Some media will used to implement Hanifida method is through the educational game with the purpose to make easeally a user in learn of fun. In the hjis game there are some menus and games that consists of 4 levels. Hanifida educational game directly to show players assessment results. At every level using fuzzy logic to categorize players points. From 4 levels of the game, each points will be taken and counted to get final points. In the end of levels, players will be get the digital badge that contains players points from each levels with .jpeg format. Key words: Hanifida, android mobile, educational game, fuzzy logic