Detail Karya Ilmiah
-
SISTEM REKOMENDASI PROGRAM STUDI PADA PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMA DENGAN LOGIKA FUZZY TSUKAMOTO (Studi Kasus : SMA NEGERI 1 KAMAL)Penulis : Esty Narulita RahayuningtyasDosen Pembimbing I : Achmad Jauhari, S.T., M.KomDosen Pembimbing II :Rika Yunitarini, S.T., M.TAbstraksi
Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan impian sebagian besar siswa setelah lulus SMA. Namun, tidak semua siswa memilih program studi di perguruan tinggi sesuai dengan kemampuan dan minatnya, sehingga masalah salah masuk program studi terjadi. Oleh karena itu tes psikologi serta melihat nilai mata pelajaran di SMA dapat digunakan untuk menunjang pemilihan program studi. Sehingga sistem rekomendasi untuk pemilihan program studi dengan mempertimbangkan bobot disetiap kriteria yang diberikan. Metode yang digunakan dalam sistem rekomendasi ini adalah Logika Fuzzy Tsukamoto. Pada penelitian ini kriteria yang digunakan adalah kriteria akademik dan kriteria psikotes minat. Hasil output dari sistem berupa empat rekomendasi program studi. Berdasarkan pengujian akurasi terhadap 59 data diperoleh 67.8% hasil akurasi. Dengan adanya sistem rekomendasi pemilihan program studi ini bisa mempermudah siswa untuk memutuskan program studi yang akan diambil. Kata Kunci : Program studi, Logika Fuzzy Tsukamoto, sistem rekomendasi
AbstractionContinuing education to college is a dream of most students after high school graduation. However, not all students choose courses in universities according to their ability and interest, so that the problem occurred one entry courses. Therefore, psychological tests and see the value of subjects in high school can be used to support the selection of courses. So the election system on a course taking into account the weight of each criterion is given. The method used in this recommendation system is Tsukamoto Fuzzy Logic. In this study, the criteria used are academic criteria and the criteria psycho interest. The output of the system in the form of four on the course. Based on 59 test accuracy of data obtained 67.8% accuracy results. With the electoral system on these courses can facilitate students to decide on the course to be taken. Keywords: courses, Fuzzy Logic Tsukamoto, system recommendations