Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN GAME EDUKASI BAHASA ISYARAT TANGAN ADAPTIF LEVEL
    Penulis : Mohammad Islah Junaidillah
    Dosen Pembimbing I : Ari Kusumaningsih, S.T.,M.T
    Dosen Pembimbing II :Arik Kurniawati,S.Kom.,M.T
    Abstraksi

    Kemampuan berkomunikasi merupakan bekal utama dalam berinteraksi dengan setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari bahasa verbal ataupun bahasa non verbal. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan minat dan kemampuan dalam belajar bahasa isyarat adalah dengan menggunakan media belajar berupa game mobile. Bahasa isyarat tangan merupakan bahasa yang digunakan sebagai media penghubung terjalinnya komunikasi antara sesama difabel maupun manuasia normal pada umumnya. Media yang ada masih menggunakan pembelajaran secara objektif dan belum ada yang menggunakan media digital berbasis mobile. Metode adaptif level sangat membantu dalam pengenalan bahasa isyarat. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat kepuasan user experience dan tingkat pemahaman bahasa isyarat tangan pada pengguna aplikasi. Pemerolehan hasil pengukuran user experience dapat diperoleh jumlah tingkat keberhasilan 96% pengguna puas dengan game edukasi bahasa isyarat tangan menggunakan metode adaptif level sehingga mendekati hasil yang sempurna. Hasil perhitungan dari penelitian angket menggunakan skala likert dapat diperoleh 30 jumlah skor tertinggi dengan pernyataan bahwa responden lebih mudah memahami bahasa isyarat berupa huruf dari pada pengenalan isyarat berupa angka. Dilihat dari hasil data penelitian jumlah skor permainan dari 10 responden diperoleh skor nilai A sebanyak 20%, skor nilai B sebanyak 60% dan skor nilai C sebanyak 20%.

    Abstraction

    The ability to communicate is the main provision in interacting with every human being in everyday life. Starting from verbal language or non verbal language. One alternative to help increase interest and ability in learning sign language is to use the learning media in the form of mobile games. Hand sign language is a language that is used as a medium of communication between interlaced communication between fellow difabel and normal manuasia in general. The existing media are still using objective learning and none have used mobile-based digital media. Adaptive level methods are helpful in the introduction of sign language. This study aims to measure the level of user experience satisfaction and level of understanding of hand sign language in application users. Acquisition of user experience measurement results can be obtained amount of success rate 96% of users are satisfied with hand sign language education game using adaptive level method so close to perfect result. The calculation result from questionnaire research using Likert scale can be obtained 30 highest score with statement that respondents more easily understand sign language in the form of letter from introduction of cue in the form of number. Judging from the results of research data the number of game scores from 10 respondents obtained score A score as much as 20%, score B value as much as 60% and score value of C as much as 20%

Detail Jurnal