Detail Karya Ilmiah

  • KLASIFIKASI SENTIMEN TINGKAT KETERTARIKAN PENGUNJUNG TERHADAP ONLINE SHOP PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES (Studi Kasus : @lazada, @tokopedia dan @bukalapak)
    Penulis : Utsfani Gardiana
    Dosen Pembimbing I : Firdaus Solihin, S.Kom., M.Kom
    Dosen Pembimbing II :Achmad Jauhari, S.T.,M.Kom
    Abstraksi

    Twitter sebagai sarana untuk memasarkan produk secara online. Bermodalkan foto dan caption yang menarik maka kemungkinan besar konsumen tertarik untuk membeli produk mereka. Oleh karena itu diperlukan review terhadap onlineshop tersebut untuk mengetahui berapa banyak pengunjung yang datang. Penelitian ini menggunakan 3 kategori, yaitu @lazada, @tokopedia dan @bukalapak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1) jumlah pengunjung yang memberi komentar positif dan negatif. (2) hasil klasifikasi tingkat ketertarikan pengunjung menggunakan metode naive bayes dan (3) tingkat akurasi metode naive bayes dalam mengklasifikasikan tingkat ketertarikan pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan pengunjung pada @bukalapak adalah yang tertinggi dengan presentase 53,47% dengan jumlah komentar positif 470 dan negatif 1, @tokopedia memiliki persentase 42,77% dengan jumlah komentar positif 376 dan negatif 0, @lazada memiliki persentase 3,75% dengan jumlah komentar positif 33 dan negatif 1. Tingkat akurasi metode naive bayes dalam mengklasifikasikan tingkat ketertarikan pengunjung 51,6% dengan eror rate 48,4%. Kata Kunci : Sentimen, Online shop, Naive Bayes.

    Abstraction

    Twitter as a means to market your products online. Capitalize the photo and caption were interesting then most likely interested consumers to buy their products. Therefore we need a review of the Onlineshop to know how many visitors are coming. This study uses three categories, namely @lazada, @tokopedia and @bukalapak. The purpose of this study is to know about (1) the number of visitors who give positive and negative comments. (2) the results of the classification of the level of interest of visitors using Naive Bayes and (3) the level of accuracy of Naive Bayes method in classifying the level of visitor interest. The results showed that the level of interest of visitors in @bukalapak was the highest with a percentage of 53.47% with a number of positive comments and negative 470 1, @tokopedia have a percentage of 42.77% with a number of positive comments and negative 376 0, @lazada have a percentage of 3 , 75% with the number of positive comments and negative 33 1. the accuracy of naive Bayes methods in classifying the level of interest of visitors 51.6% to 48.4% error rate. Keywords: Sentiment, Online shop, Naive Bayes.

Detail Jurnal