Detail Karya Ilmiah
-
APLIKASI KELUHAN BERBASIS ANDROID DI DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN BANGKALAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)Penulis : ANIS NOER AISYAHDosen Pembimbing I : Mula’ab, S.Si., M.KomDosen Pembimbing II :Achmad Jauhari, S.T., M.KomAbstraksi
Keluhan yang sedang berjalan pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) di Kabupaten Bangkalan masih dilakukan secara manual, yaitu dengan mendatangi kantor secara langsung untuk menyampaikan keluhan. Sehingga pihak dinas membutuhkan waktu yang relatif lama dalam memproses keluhan dari masyarakat. Untuk itu dibangunlah suatu aplikasi keluhan berbasis android untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan secara online terhadap Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD), yaitu suatu metode pengembangan perangkat lunak dengan menekankan pada siklus pembangunan pendek, singkat dan cepat. Berdasarkan 10 data evaluator menunjukkan hasil nilai rata-rata sebesar 85,83% sedangkan nilai desain dan tampilan sebesar 81,78% sehingga bisa dikatakan aplikasi sudah mencapai tujuan yang diharapkan.
AbstractionThe ongoing complaints at the Public Works Office (PU) in Bangkalan Regency are still carried out manually, namely by going to the office directly to file complaints. So that the agency needs a relatively long time in processing complaints from the public. For this reason, an Android-based complaint application was developed to make it easier for the public to submit complaints online to the Bangkalan Regency Public Works Agency (PU). This research uses Rapid Application Development (RAD) method, which is a method of software development by emphasizing on short, short and fast development cycles. Based on 10 evaluator data shows the average value of 85.83% while the design and display value is 81.78% so that it can be said that the application has reached the expected goal.