Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN GAME EDUKASI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA MADURA BERBASIS MOBILE ANDROID
    Penulis : Sudibyo Adimullah
    Dosen Pembimbing I : Cucun Very Angkoso, ST., MT.
    Dosen Pembimbing II :Ari Kusumaningsih, ST., MT.
    Abstraksi

    Salah satu media pembelajaran untuk menunjang belajar siswa dalam memahami materi-materi adalah dengan menggunakan media digital interaktif. Dengan belajar melalui suatu media unik dan menarik mampu menarik siswa untuk lebih secara aktif berfikir kritis sehingga siswa mampu lebih mendalami materi yang ia pelajari. Game Edukasi merupakan media yang menarik dan menyenangkan sehingga dapat menunjang proses belajar mengajar. Penelitian game edukasi “Acak Madura (Ajer Ocak Madura)” ini menggunakan metode LCM (Linear Congruent Method) sebagai pengacakan soal. Pembelajaran membahas mengenai gambar ataupun kata yang kemudian diartikan kedalam bahasa Madura dengan tingkatan bahasa engghi-bhunten. Tujuan dari perancangan permainan ini adalah untuk membuat system belajar yang menarik untuk anak dalam belajar tentang bahasa Madura. Pada hasil uji coba Game Acak Madura sebagai game edukasi dilakukan pengujian terhadap responden orang yang berbahasa Madura dalam keseharian (aktif) dan responden tidak berbahasa Madura dalam keseharian (pasif) dengan hasil untuk kategori game bola tangkap dengan responden orang yang berbahasa Madura dalam keseharian (aktif) meningkatkan kemampuan dengan jumlah 100% dan 31% pada kategori game tebak gambar. Sedangkan untuk responden berbahasa Madura (pasif) mendapat nilai kemampuan 52% game bola tangkap dan 19% pada kategori game tebak gambar.

    Abstraction

    One of the learning media to support student learning understand the materials is the interactive digital media. By learning through a unique and interesting media to attract more students to actively think critically so the students can learned deeper the material. Educational games are interesting and exciting medium that can support teaching and learning process. Educational research game "Acak Madura (Ajer Ocak Madura)" use method LCM (Linear Congruent Method) as a matter of randomization. Learning discuss the pictures or words then be translated into the language of Madura with engghi-bhunten language level. The purpose of the design of the game is to create an engaging learning system for children in learning about the language of Madura. In the test results game Acak Madura as educational games conducted testing of the respondents who speak Madura in everyday (active) and the respondent did not speak Madura in everyday (passive) with the results for the category of ball games caught with respondents who speak Madura in everyday (active ) enhanced by the amount of 100% and 31% in the category guessing game images. As for speaking respondents Madura (passive) got 52% of the value of the ability of catching a ball game and 19% in the category guessing game images.

Detail Jurnal