Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP DESAIN KEMASAN DODOL RUMPUT LAUT (Studi Kasus : KUB Puspa Marina Pamekasan)
    Penulis : Suhartini
    Dosen Pembimbing I : Millatul Ulya, S.TP., MT.
    Dosen Pembimbing II :Sri Hastuti, S.Pt., MP
    Abstraksi

    Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan hayati laut yang melimpah. Salah satu kekayaan hayati laut di Indonesia adalah rumput laut. Rumput laut dapat diolah menjadi produk yaitu dodol rumput laut. KUB Puspa Marina merupakan kelompok usaha bersama yang mengelolah rumput laut menjadi dodol rumput laut. Kemasan dodol rumput laut yang digunakan oleh KUB Puspa Marina masih kurang diminati oleh konsumen dari segi desain dan bentuk kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik konsumen melalui pembuatan desain dan bentuk kemasan yang baru dan mengetahui preferensi konsumen terhadap desain kemasan dodol rumput laut. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 100 orang yang pernah mengkonsumsi produk dodol rumput laut di KUB Puspa Marina lebih dari satu kali. Hasil diperoleh dari nilai rata-rata kesukaan konsumen pada warna kemasan, desain kemasan, bentuk kemasan, informasi kemasan, praktis dan perlindungan kemasan terhadap produk dapat diketahui dari ketiga macam kemasan tersebut yang lebih disukai dan diminati oleh konsumen. Desain dan bentuk kemasan yang paling diminati oleh konsumen secara berturut-turut yaitu kemasan desain 2 (3,84), kemasan desain 1 (3,7) dan kemasan KUB (3,44).

    Abstraction

    Indonesian is an archipelago with living marine resources are abundant. One of marine living resources in Indonesian is seaweed. Seaweed can be processed into a product is dodol of seaweed. KUB Puspa Marina is a joint venture group who manage the seaweed into dodol of seaweed. Packaging dodol of seaweed used by KUB Puspa Marina is less attractive to consumers in terms of design and form of packaging. This study aims to increase consumer appeal through the design and manufacture of new packaging forms and determine consumer preferences towards packaging design dodol of seaweed. The number of respondents who used as many as 100 people who ever consume products dodol of seaweed in KUB Puspa Marina more than once. Results obtained from the average value of consumer preferences on the color of packaging, design of packaging , forms of packaging, information of packaging , practicality of packaging and protective of packaging to the product can be known from the three kinds of packaging is preferred and desired by consumers. The design and form of the packaging of the most in demand by consumers in a row are the packaging design of 2 (3.84), packaging design 1 (3.7) and packaging KUB (3.44).

Detail Jurnal