Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEMASAN KOPI BIJI SALAK UD. BUDI JAYAPenulis : AINUN JAARIYATUN MAKBOELDosen Pembimbing I : Iffan Maflahah, S.TP., M.SiDosen Pembimbing II :Ir.Muhammad Fakhry, MP.Abstraksi
ABSTRAK Kemasan (packaging) merupakan aktivitas merancang dan memproduksi wadah atau bungkus suatu produk, tetapi kegunaan kemasan sekarang ini tidak sebatas sebagi pembungkus saja. Kemasan yang baik dapat mengantarkan informasi pada konsumen. UD. Budi Jaya menggunakan Kemasan kopi biji salak plastik Aluminium Foil. Selain kemasan, desain kemasan yang digunakan masih terlalu sederhana dan memakan banyak biaya dan membuang banyak waktu dalam bekerja untuk mengetahui ketertarikan konsumen terhadap kopi biji salak maka salah satu upaya yang dilakukan adalah membuat kemasan menarik. Penelitian ini menggunakan metode Kano dengan pengujian CSC untuk mengetahui tingkat kepuasan / ketidakpuasan pelanggan. Hasil penelitian ini konsumen tidak merasa tertarik/puas terhadap kemasan dan desain kemasan pada produk kopi biji salak yang ada, karena kepuasan pelanggan berada pada nilai IWT yang mendekati -1 sedangkan nilai kepuasan konsumen IBT tidak ada yang mendekati nilai 1 yang menunjukkan kepuasan konsumen.. Untuk perbaikan kemasan maka peneliti sudah menyediakan kemasan baru yaitu dengan menggunakan kemasan plastik aluminium foil transparan sehingga produk bisa terlihat, bentuk pada kemasan bisa berdiri tegak, perubahan tulisan font pada desain juga diganti sehingga tidak berkesan membosankan , desain warna pada kemasan juga memiliki variasi warna yang masih senada dan informasi pada kemasan sudah memberikan informasi yang lengkap di dalamnya seperti tanggal kadaluarsa, komposisi produk, label halal menjaga kebersihan lingkungan dan manfaat bagi kesehatan. Kata kunci : Kemasan, Preferensi Konsumen, Kano dan CSC
AbstractionABSTRACT Packaging (packaging) is the activity of designing and producing the container or wrapper of a product, but usefulness is not limited to the packaging now as a wrapper alone. Good packaging can deliver information to consumers. UD. Budi Jaya using bark bean coffee packaging plastic Aluminium Foil. In addition to packaging, packaging design used is still too simple and takes a lot of cost and waste a lot of time in working to determine consumer interest in coffee beans against bark then one of the efforts is to create attractive packaging. This study uses Kano with CSC testing to determine the level of satisfaction/dissatisfaction of customers. The results of this study the consumers are not interested/satisfied with the packaging and on the product packaging design Coffee beans existing bark, because customer satisfaction is at the IWT value close to -1 while the value of customer satisfaction IBT nothing approaching 1 indicates that the value of customer satisfaction. For improved packaging researcher is already providing new packaging is to use plastic packaging aluminum foil transparent so that the product can be seen, the shape of the packaging can stand upright, writing change the font on the design also changed so as not memorable dull, color design on the packaging also has color variations still matching and information on the pack is to provide complete information on it such as the expiration date, the composition of the product, label kosher keeping the environment and health benefit. Keywords : Packaging, Consumer Preferences, Kano and CSC