Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DODOL RUMPUT LAUT DI UKM. PUSPA MARINA PAMEKASANPenulis : Muhammad Halili. ADosen Pembimbing I : Iffan Maflahah, S.TP., M.SiDosen Pembimbing II :Rakhmawati, S.TP., MTAbstraksi
Pengolahan dodol rumput laut sangat sederhana yaitu dengan menggunakan bahan dasar tepung beras, gula merah, santan kelapa, dan rumput laut. Salah satu industri rumah tangga (UKM) yang memproduksi dodol rumput laut adalah Puspa Marina. Dodol rumput laut tersebut belum terkenal seperti dodol yang lain. Oleh sebab itu, UKM Puspa Marina perlu melakukan preferensi konsumen dengan metode kano. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui parameter yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk dodol rumput laut dan mengetahui atribut-atribut produk dodol rumput laut di UKM Puspa Marina yang harus diperbaiki dan dipertahankan. Parameter utama yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah nilai kepuasan konsumen (IBT) dan ketidakpuasan konsumen (IWT). Nilai IBT dan IWT tertinggi berada pada atribut 5 (tanggal kadaluarsa) dengan nilai IBT yaitu 0,62, dan nilai IWT -0,68 sedangkan atribut 6 (label halal pada kemasan) yaitu 0,69 nilai IBT dan nilai IWT -0,82. Atribut yang harus dipertahankan adalah atribut 5 Exp (tanggal kadaluarsa) sebanyak 52 responden karena masuk kategori One-dimensional, namun pada kategori One-dimensional atribut yang harus diperbaiki yaitu atribut 6 (label halal harus ada pada kemasan) karena UKM. Puspa Marina tidak menerapkan label halal, sedangkan atribut yang harus diperbaiki adalah atribut 1 (rasa), atribut 2 (kekenyalan), atribut 3 (tampilan), atribut 4 (desain kemasan), atribut 7 tempat pemasaran harus strategis, dan atribut 8 (harga), karena masuk pada kategori Indifferent.
AbstractionThe proces of seaweed dodol is very simple. It made of rice powder, palm sugar, coconut and seaweed. One of home industry ( UKM ) that make sea weed dodol is Puspa Marina. That seaweed dodol haven’t popular like another dodol. Because of that, UKM Puspa Marina need to preferences consumen by kano method. The pupose of this research is to know parameter that influence consumen to buy product of seaweed dodol and to know the attributes of seaweed dodol in UKM Puspa Marina that should be repair or keep. The parameter that influences decision of consumen’s satisfaction (IBT) and consumen’s unsatisfaction (IWT). The great value of IBT and the great value of IWT in attribute 5 (expired date) the value of IBT is 0,62, and value of IWT is -0,68. Attribute 6 ( label of halal at pack) value of IBT is 0,69 and value of IWT is -0,82. The attribute that should be keep is attribute 5 (Exp) there are 52 respondents because category of one-dimensional, but in category of one-dimensional atribute that should be repair is atribute 6 (label of halal must put at pack of dodol) because UKM Puspa Marina doesn’t put label of halal and another attribute that should be repair are attribute 1 (taste), attribute 2 (soft) attribute 3 (cover) attribute 4 (pack design), attribute 7 (marketing place) and attribute 8 (price), because include indefferent category.