Detail Karya Ilmiah
-
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN JAMU SARI RAPET PJ. RIBKAH MARYAM JOKOTOLEPenulis : LusianaDosen Pembimbing I : Dr. Ir. Abdul Azis Jakfar, MTDosen Pembimbing II :Iffan Maflahah, S.TP., M.SiAbstraksi
Tingkat kesukaan atau preferensi konsumen merupakan ukuran suatu produk dapat dikatakan telah memenuhi keinginan dan harapan konsumen. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari konsumen, produsen, dan lingkungan. Jamu sari rapet PJ. Ribkah Maryam Jokotole memiliki jumlah penjualan yang cukup tinggi serta menjadi salah satu produk unggulan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi preferensi konsumen jamu sari rapet PJ. Ribkah Maryam Jokotole. Metode yang digunakan adalah metode Partial Least Square (PLS) dengan variabel kualitas produk, harga, pelayanan, kemasan, dan preferensi konsumen, serta dibantu dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga, pelayanan, dan kemasan mempengaruhi preferensi konsumen sebesar 0,364 yang merupakan R-square pada evaluasi goodness of fit. Masing-masing variabel memiliki pengaruh positif, ditunjukkan dengan koefisien jalur yang bernilai positif. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga, dan pelayanan tidak mempengaruhi preferensi konsumen, karena nilai thitung kurang dari nilai ttabel yaitu 1,660. Sedangkan pada variabel kemasan mempengaruhi preferensi konsumen karena nilai thitung lebih dari nilai ttabel.
AbstractionPreference consumer is a measure of product that has fulfilled the consumer’s wish and expectation. It can be influenced by several factors, such as consumers, producers and the environment. Rapet herbal extracts of PJ. Ribkah Maryam Jokotole has a fairly high number of sales as well as being one of the company's flagship products. This study aims to determine the variable that influences consumer preferences of Rapet herbal extracts of PJ. Ribkah Maryam Jokotole. The method used Partial Least Square (PLS) method with the variable of quality, price, service, packaging, and preferences consumer, as well as assisted with software SmartPLS. The results of the study shows that the variable of quality, price, service, and packaging influence preferences consumer amounted to 0.364 which is an R-square on the evaluation of goodness of fit. Each variable has a positive effect, shown by the positive of path coefficient. Hypothesis testing indicates that the variable of the quality, price, and service do not affect consumer preferences, because the value of tHitung is less than tTabel, 1,660. While on the packaging variable affect consumer preference because the value of tHitung is more than tTabel.