Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Permen Rumput Laut pada KUB Puspa MarinaPenulis : Fanis FransiskaDosen Pembimbing I : Millatul Ulya, S.TP., MTDosen Pembimbing II :Askur Rahman, S.TP.MPAbstraksi
ABSTRAK Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian suatu produk harus diketahui oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pembelian permen rumput laut pada KUB Puspa Marina dan untuk mengetahui faktor dominan yang dibentuk dengan menggunakan analisis faktor. Penelitian ini dilakukan di perusahaan KUB Puspa Marina, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan cara mengukur menggunakan validitas, reliabilitas dan teknis analisis faktor dengan alat bantu software komputer SPSS 16. Analisis faktor adalah pengelompokan variabel-variabel yang banyak menjadi lebih sedikit dan dianggap sebagai faktor. Penelitian ini menggunakan lima variabel sebagai alat uji yaitu citarasa yang khas, volume (isi) produk, kemasan yang praktis, rasa suka terhadap produk dan kesesuaian selera. Dari lima variabel yang diteliti, dihasilkan dua faktor yang dapat dibentuk oleh variabel-variabel tersebut. Dua faktor yang dihasilkan adalah faktor pertama isi, rasa suka dan selera dan faktor kedua kualitas produk. Faktor isi, rasa suka dan selera lebih dominan dari pada faktor kualitas produk.
AbstractionABSTRACT Factors that determine a product must know the company. This study purpose to determine what factors influence the purchase seaweed candy KUB Puspa Marina and to determine the level of dominance factor formed by using factor analysis. This method is quantitative analysis like as validity, reliability, dan factor analysis with using program of computer SPSS 16. Factor analysis is grouping of variables become a few. The variables are special taste, volume product, practice packaging, likes to product, and conformity of taste. The resulting factors are volume, likes to product, and conformity of taste and then quality product. The factor of volume, special taste and conformity of taste higher than quality product.