Detail Karya Ilmiah
-
Persepsi Terhadap Iklan Peringatan Merokok Dan Dampaknya Pada Perubahan Perilaku Perokok Di Pelabuhan Kamal BangkalanPenulis : Dimas Irham RamadhanDosen Pembimbing I : Andrie Kisroh Sunyigono, SP., MP. Ph.Dosen Pembimbing II :Setiani, Sp.,MPAbstraksi
Banyak Negara yang mulai menetapkan batasan kepada warganya dalam merokok baik melalui kewajiban memasang iklan pada layanan masyarakat maupun kawasan bebas merokok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi perokok terhadap iklan peringatan merokok dan mengetahui perubahan perilaku perokok, menganalisis hubungan antara pengetahuan, sikap kognitif, sikap afektif. Metode analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman dan table frekuensi distribusi. Hasil penelitian menunjukkan sikap kognitif tertinggi terhadap persepsi perokok. Pengetahuan sedang dengan persepsi perokok. Sikap afektif moderat dengan persepsi perokok. Dampak perubahan perilaku merokok menunjukkan jawaban kadang – kadang yang artinya belum terlalu berdampak terhadap perokok. Kata kunci: Prilaku Perokok, Presepsi Perokok, Sikap Kognitif, Sikap Afektif.
AbstractionCountries all over the world have set certain limitations to their citizens regarding to smoking which varies from advertisement in public spaces as well as non-smoking areas. This research aims to understand smokers’ perception towards smoking warning advert, to know their behavioral changes, and to analyze the relationship between knowledge, cognitive and affective behavior. The methods used to analyze data is Rank Spearman’s correlation test and frequency distribution table. The result shows that cognitive behavior has the highest correlation with smokers’ perspective, followed by knowledge and affective behavior. The effect of behavioral changes in smokers shows infrequent result which means it affect the smokers ineffectively. Keywords: smokers behavior, smokers perspective, cognitive behaviour, affective behaviour