Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI PEMASARAN PRODUK KRUPUK POLI (STUDI KASUS UD. SULAIMAN DESA GAPURA BARAT KEC. GAPURA KAB. SUMENEP)
    Penulis : RAHWINI
    Dosen Pembimbing I : NOVI DIANA BADRUT TAMAMI, SP., MP.
    Dosen Pembimbing II :SLAMET WIDODO, SP., MSi.
    Abstraksi

    Kabupaten Sumenep merupakan salah satu daerah yang banyak memiliki usaha kecil menengah di bidang kuliner terutama makanan ringan. Salah satunya adalah Industri krupuk poli di Desa Gapura Barat yang merupakan sentra agroindustri krupuk polidalam skala rumah tangga dan hanya terdapat sebuah industri yang telah memiliki ijin usaha yaitu UD.Sulaiman dan terbesar di Desa Gapura. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor internal,eksternaldan strategi pemasaran pada krupuk poli UD.Sulaiman di Desa Gapura Barat. Berdasarkan hasil analisis SWOT UD. Sulaiman berada pada posisi kuadran ke (II). Sehingga strategi yang disarankan adalah strategi ST, yaitu lebih menciptakan strategiyang menggunakan kekuatan untukmengatasiancaman.Untuk meningkatkan penjualan UD. Sulaiman memiliki 3 model produk yaitu model segi empat, lonjong, segitiga dan warna yang dipakai yaitu putih, merah, serta kuning. Tempat produksi memiliki letak yang strategis, promosi yang dilakukan UD. Sulaiman yaitu masih rendah belum melakukan pemasaran secara efektif, pelanggan masih terbatas diarea Madura. Kata kunci :Kerupuk Poli, UD. Sulamain, Pemasaran,Analisis SWOT

    Abstraction

    Sumenep is one of areas enterprising in the culinary field, especially snacks. One of them is the industry of Poli crackers in West Gapura Village as the center of household Poli crackers and UD.Sulaiman is the largestcrackers industry in the Gapura Village and the only one that had a business license. The aims of this research is to determine internal and external factors, also to know marketing strategies of Poli crackers UD.Sulaiman in the West Gapura Village. Based on the results of SWOT analysis, UD. Sulaiman is in the second (II) quadrant position. So the expected strategy is ST-strategy,that is, creates more strategies using the force for overcome the threat. To increase the selling of, UD. Sulaiman has three product models, that are, rectangular, oval, triangular whose colors are white, red, and yellow. The location of the production is strategic, the promotion used in UD. Sulaiman is still less effective marketing, customers are still limited in Madura. Keywords: Poli Crackers, UD. Sulaiman, Marketing,Analysis SWOT

Detail Jurnal