Detail Karya Ilmiah
-
SISTEM PEMASARAN KEDELAI DI DESA OLOH, KECAMATAN KARANG PENANG, KABUPATEN SAMPANGPenulis : Iis SulaihaDosen Pembimbing I : Dr. Elys Fauziyah, SP., MP.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, fungsi pemasaran, dan margin pemasaran Komoditas Kedelai di Desa Oloh, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Snowball Sampling. Jumlah sampel yang digunakan 30 responden petani kedelai dan 4 lembaga pemasaran. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa saluran pemasaran yang terjadi dalam proses pemasaran kedelai di Desa Oloh terdiri dari tiga saluran pemasaran, yaitu (1) petani–pengepul–pengecer–konsumen, (2) petani–pengepul–pedagang besar–pengecer–konsumen, dan (3) petani–pengepul–pengepul luar desa–pedagang besar–pengecer–konsumen. Fungsi-fungsi pemasaran yang terjadi pada setiap lembaga pemasaran cenderung sama yang meliputi fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas. Total margin pada saluran pemasaran I sebesar Rp 3800,00/Kg, saluran pemasaran II berjumlah Rp 3200,00/Kg, dan saluran pemasaran III senilai Rp 4000,00/Kg. Kata kunci : Saluran pemasaran, Fungsi Pemasaran , Margin Pemasaran, Kedelai.
AbstractionThis study has objective to know the marketing channels, marketing function, and marketing margin of soybean in Oloh Village, Karang Penang Sub district, Sampang Regency. Sampling in this study uses Snowball sampling. Total sample that used is 30 respondents of soybean farmers and 4 marketing agencies. Analysis that used in this study is descriptive qualitative and quantitative analysis. The results of the study show that the marketing channels that occur in soybean marketing process in Oloh Village consist of three marketing channels, those are (1) farmers – collectors – retailers – consumers, (2) farmers – collectors – wholesalers – retailers – consumers (3) farmers – collectors – collectors outside the village – wholesalers – retailers – consumers. Marketing functions that occur in each marketing agencies tend to be the same, those are exchange function, physical function, and facility function. The total margin in marketing channel I is Rp 3800,00/Kg, in marketing channel II is Rp 3200,00/Kg, and in marketing channel III is Rp 4000,00/Kg. Keywords: Marketing Channel, Marketing Function, Marketing Margin, Soybean.