Detail Karya Ilmiah
-
KARAKTERISTIK JIWA KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG DI PASAR TRADISONAL KABUPATEN PAMEKASAN (Studi Kasus Pasar 17 Agustus Kabupaten Pamekasan)Penulis : WENI MAIWELADosen Pembimbing I : Taufik Rizal Dwi Adi Nugroho, SP., MMDosen Pembimbing II :MARDIYAH HAYATI,SP.,MPAbstraksi
Gerakan kewirausahaan nasional (GKN) telah dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Februari 2011 di Jakarta. Kewirausahaan tersebut termasuk perdagangan didalamnya. Aktivitas perdagangan bisa dilakukan diberbagai tempat salah satunya adalah pasar tradisional. Pedagang merupakan kunci bertahannya pasar tradisional supaya tidak ditinggalkan oleh konsumen. Maka dari itu kita perlu mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap karakteristik jiwa kewirausahaan pedagang di pasar tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Karakteristik jiwa kewirausahaan pedagang di pasar 17 Agustus kabupaten pamekasan terdapat karakteristik keinginan berprestasi pada kategori baik, rasa tanggungjawab pada kategori baik, percaya diri pada kategori kurang baik, sikap terhadap resiko (suka tantangan) pada kategori baik, menggunakan umpan balik pada kategori baik, sikap terhadap uang pada kategori baik, kemampuan manajerial pada kategori baik, dan orientasi jangka panjang (masa depan) pada kategori baik. Kekurangan dari karakteristik jiwa kewirausahaan para pedagang adalah mereka kurang/tidak melakukan kegiatan promosi dan tidak melakukan pencatatan keuangan terhadap kegiatan berdagangnya. Padahal kegiatan promosi dan pencatatan keuangan sangat diperlukan dalam usaha dagang.
AbstractionThe national movement of business (GKN) have sormed by goverment on February 2nd 2011 in Jakarta. That business includes marketing can be conducted in some locations, one of location is tradisional market. The trader is the key of holdness out of tradisional market so that it doesn’t lest by customers, because of that we need to know the faktors which infwee to characteristics of trader’s soul of business in the traditional marked. Metod which is used in this research is qualitative descriptive. The result of this research explanes that the characteristics of trader’s soul of business in the market Agustus 17th in Pamekasan regency to characteristics of achievement wanting to good category, the responsibillity to good category and convidence to less good category, the attitude of the risk (love to challenge) in good category, uses feed back in good category, the attitude to the money in good category, capability in management in good category the orientation long period (future) in good category. Deficiency of soul’s characteristics of business the traders are they don’t cenduct the activity of promotion and conduct take a not of finance to trade activity. Whereas the promotion activity and take a not of finance is needed in the marketing business.