Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH TRANSPORTASI TERHADAP PENINGKATAN PDRB DI KABUPATEN BANGKALANPenulis : BAHRUL ULUMDosen Pembimbing I : Jakfar Sadik, S.E,. M.E.Dosen Pembimbing II :Henny Oktavianti,S.E,.M.E.Abstraksi
ABSTRAK BAHRUL ULUM, 2016. “Pengaruh Transportasi Terhadap Peningkatan PDRB di Kabupaten Bangkalan”. Dosen Pembimbing I: Jakfar Sadik, S.E,.M.E Dosen Pembimbing II: Heni Oktavianti, S.E,.M.E Penelitian untuk mengetahui pengaruh panjang jalan dan jumlah kendaraan terhadap peningkatan PDRB Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Metode kuantitatif diskriptif adalah metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian (Nazir,2000). Data penelitian ini hanyalah menggunakan dan mengandalkan sumber data sekunder. Sumber data sekunder yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah menyangkut data-data panjang jalan dan jumlah kendaraan yang ada di Kabupaten Bangkalan. Serta data-data mengenai pendapatan wilayah dan kesempatan kerja dikabupaten tersebut. Untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh panjan jalan dan jumlah kendaraan terhadap peningkatan PDRB Kabupaten Bangkalan digunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan output regresi linear berganda, diperoleh angka R Square sebesar 0,844. Hal ini berarti 84,40/0 PDRB dipengaruhi oleh peningkatan panjang jalan dan jumlah kendaraan. Sedangkan sisanya (1000/0 -84,40/0 =15,60/0 ) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Dengan kata lain, panjang jalan dan jumlah kendaraan terhadap PDRB pengaruhnya sudah signifikan , karena 15,6 pembentukan PDRB dipengaruhi leh variabel-variabel lain. Dari uji Anova atau F test. Diperoleh F hitung adalah sebesar 48,605 lebih besar dari F tabel sebesar 3,55 dengan tingkat signifikan 0,00. Oleh karena probabilitas (0,00) lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterima atau ada pengaruh antara panjang jalan dan jumlah kendaran terhadap PDRB. Dari Uji t dihasilkan nilai signifikansi panjang jalan sebesar 0,249>0,05, menunjukkan bahwa H0 diterima(tidak berpengaruh) dan signifikansi jumlah kendaraan sebesar 0,000<0,05menunjukkan bahwa H1 diterima (terdapat pengaruh). Kata kunci: Panjang jalan, Jumlah kendaraan dan PDRB.
AbstractionABSTRACT BAHRUL ULUM, 2016. "The Effect of Transport Against Increased GDP in Bangkalan". Supervisor I: Jakfar Sadik, S.E, .M.E Supervisor II: Heni Oktavianti, SE, .M.E. Research to determine the effect of road length and the number of vehicles on the increase in GDP Bangkalan. This research uses descriptive quantitative method. Method is a descriptive quantitative research methods to create a picture of the situation or event (Nazir, 2000). This research data is use and rely on secondary data sources. Secondary data sources are required in this study are the statistics of road length and the number of vehicles in Bangkalan. As well as data on income and employment area of the county is. To test the hypothesis about the effect of panjan road and the number of vehicles on the increase in GDP Bangkalan used multiple linear regression analysis. Based on the multiple linear regression output, obtained figures R Square of 0,844. This means 84,4% GDP was influenced by the increase in path length and number of vehicles. While the rest (100% -84,4% =15,6%) is influenced by other variables. In other words, the length of the road and the number of vehicles to the GDP effect is significant, because 15,6 % GDP formation is influenced leh other variables. From Anova or F test. Retrieved count amounted to 48,605 F larger than F table by 3.55 with a significant level of 0.00. Therefore the probability (0.00) is less than 0.05 then the H1 is received or no effect between path length and number of vehicles to GDP. From t test generated significant value path length of 0.249> 0.05, indicating that H0 is accepted (no effect) and a significant number of vehicles of 0.000 <0.05 indicates that H1 is accepted (there is influence). Keywords: length of roads, number of vehicles and GDP.