Detail Karya Ilmiah

  • TATA NIAGA BENIH UDANG DI DESA BUNGATAN (STUDI KASUS DI DESA BUNGATAN)
    Penulis : FARHAN LUSYARTO RAHARJO
    Dosen Pembimbing I : Dr. Eni Sri Rahayuningsih.S.E., M.E.
    Dosen Pembimbing II :-
    Abstraksi

    Abstrak Tata niaga benih udang berperan penting dalam pemasaran benur di desa Bungatan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana tata niaga benih udang di Desa Bungatan dengan menganalisis saluran, struktur pasar, margin dan efisiensi tata niaga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Dengan subjek orang yang terlibat dalam tata niaga benih udang yaitu hatchery, pekerja, serta pedagang. Hasil dalam penelitian ini ditemukan satu saluran tata niaga yaitu hatchery menjual ke pedagang lalu pedagang menjual ke petambak lanjutan. Dalam kondisi ini pedaganglah yang memegang kendali. Pedagang yang menentukan harga karena hanya pedaganglah yang mengetahui permintaan dan penawaran karena pedagang mempunyai ilmu dan pengetahuan. Sebab birokrasi yang terlalu rumit karena yang memesan benur bukan hanya dari luar daerah saja tetapi sampai ekspor ke luar negeri. Analisis struktur pasar termasuk pasar persaingan sempurna. Sedangkan dari efisiensi tata niaganya masih tinggi. Maka diharapkan bagi pemerintah dapat membuat kebijakan yang dapat memberikan keadilan bagi semua pihak yang terlibat. Kata Kunci : Tata niaga, Benih Udang, Saluran Tata Niaga, struktur pasar dan efisiensi Tata Niaga

    Abstraction

    ABSTRACT The marketing of prawn seeds paly an importaint role in the marketing of seeds in the village Bungatan. The purpose of this research is to find how te marketing of prawn seeds by analyzing a channel, the market structure, the margin and the efficiency of the marketing of. This research using the methodology descriptive qualitative. The sample collection technique using the sampling method of snowball technique. With the subject of one who engages in the marketing of prawn seeds namely, hatchery, workers, and traders. Results in this study found one channel marketing hatchery sell to the traders and traders sell to further farmers. In this condition it is traders who have the controls. Traders who determine the price of because traders who know a demand and a supply because traders had knowledge. For bureaucratic too complicated because ordered prawn seeds not only from regions but until exports abroad. Analysis oh the structure markets including market perfect competition from the efficiency of the marketing wass still high. Are expected to for the goverment can make a policy that can provide justice for all parties involved. Keywords: Marketing, Prawn Seeds, Marketing of channel, Market Structure, and Efficiency Marketing

Detail Jurnal