Detail Karya Ilmiah
-
TATA NIAGA GARAM RAKYAT DI DESA KARANG ANYAR, KECAMATAN KALIANGET, KABUPATEN SUMENEP.Penulis : Ibnu KurniawanDosen Pembimbing I : Dr. sutikno. S.E., M.EDosen Pembimbing II :Ambariyanto. S.E., M.EAbstraksi
Tata niaga garam berperan penting dalam pemasaran garam rakyat di Desa Karang Anyar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tata niaga garam rakyat dengan menganalisis Struktur pasar, margin tata niaga, pembagian laba antara pelaku tata niaga dan efisiensi tata niaga garam rakyat di Desa Karang Anyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling, dengan subjek adalah orang yang terlibat dalam tataniaga garam rakyat di Desa Karang Anyar yaitu petani, pedagang dan perusahaan.hasil daam penelitian ini ditemukan satu sistem saluran tata niaga yaitu petani menjual ke pedagang dan pedagang menjual ke perusahaan. Dalam sistem ini petani berada pada posisi yang lemah, petani tidak bisa bertemu langsung dengan perusahaan melainkan melalui pedagang. Sehingga petani tidak memperoleh informasi yang lengkap. Dengan harga ditentukan oleh pedagang. Harga dari perusahaan dirahasiakan oleh pedagang, agar pedagang dapat menentukan harga sendiri. Berdasarkan analaisis struktur pasar masih jauh dari pasar persaingan sempurna, sedangkan dari efisiensi tata niaga menunjukkan sistem yang saat ini tidak efisien karena tidak ada keadilan dalam pembagian keuntungan. Pedagang lebih berkuasa mendapat keuntungan lebih banyak dari petani. Diharapkan kepada pemerintah dapat membuat kebijakan yang lebih tepat mengenai sistem tata niaga garam rakyat dan berphak pada rakyat kecil. Kata kunci: tata niaga, garam rakyat, saluran tata niaga, pembagian laba dan efisiensi tata niaga
AbstractionCommerce was instrumental in marketing the salt of people in Karang Anyar’s Village. As the purpose of this research is to find out how salt commerce system of people and who get most of profit as well a analyzing structure of the market, the division of profit and efficiency salt commerce system of people. This research uses qualitative research methods with qualitative descriptive form. Sampling techniques in the study using snowball sampling, with the subject is involved in salt commerce system of people Karang Anyar’s Village i.e. the farmers, traders, and companies. The results in this study found a system of commerce channel, i.e. the farmers sell to the traders to the company. In this system the farmers are on a weak position, farmers are not able to meet directly with the company except throught the traders. So the farmers do not have complete information. The price of the company concealed by traders, so that the traders can determine the price themsell. Based on the result of the market structure is far from perfect market competition, while the efficiency of commerce system shows the current system is inefficient, because there is no justice in the sharing of profits. More powerful traders profited more than farmers. Expected to the government can create a more appropriate policy regerding salt commerce system of people and favors the small people. Keyboards: commerce system, selt of people, commerce system channel, division of profit and efficiency of commerce system.