Detail Karya Ilmiah
-
Peran Perdagangan Eceran Terhadap Sektor Lain Di Provinsi Jawa Timur (Analisis Input Output)Penulis : Ervin ZuraidaDosen Pembimbing I : Tripitono Adi Prabowo,SE.,MEDosen Pembimbing II :Widita Kurniasari,SE.,MEAbstraksi
Ervin Zuraida, Peran Perdagangan Eceran Terhadap Sektor Lain Di Provinsi Jawa Timur (Analisis Input Output). Di bawah bimbingan Tripitono Adi Prabowo, S.E., M.E dan Widita Kurniasari, S.E., M.E. Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui peran perdagangan eceran terhadap struktur perekonomian berdasarkan tabel Input- Output di Jawa Timur; Untuk mengetahui dampak pengganda per sektor berdasarkan tabel I- O di Jawa Timur; Untuk mengetahui keterkaitan sektor berdasarkan tabel I- O di Jawa Timur. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data input- output Jawa Timur tahun 2010 yang terdiri dari 110 sektor serta diolah menggunakan metode analisis input output. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa sektor yang memiliki dampak pengganda paling besar adalah sektor perdagangan eceran itu sendiri yakni sebesar 1.0218 dan sektor yang memiliki keterkaitan ke belakang terdapat 19 sektor dimana terbesar dirasakan oleh sektor informasi dan komunikasi sebesar 0.0163 sedangkan keterkaitan kedepan terdapat 24 sektor dimana terbesar dirasakan oleh sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 0.0706. Kata kunci : perdagangan eceran, dampak pengganda, keterkaitan sektor, analisis input output.
AbstractionErvin Zuraida, 2015. The Retail Role on Other Sectors in East Java (Inpu- Output Analysis). Advisor (I): TripitonoAdiPrabowo, SE., ME; (II): WiditaKurniasari, SE., ME. The purpose of the study is to determine: the retail role on other sectors based on input- output tables in East Java; the every sector multiplier effect based on input- output tables in East Java, the linkage sectors on input- output tables in East Java. The study applies descriptive quantitive method. Data used is input- output in East Java in 2010 which consists of 110 sectors and processed by using input- output analysis method. Based on analysis result, it shows that the sectors has the biggest multiplier effect is biggest effect is retail it self of 1.0218. sectors that have backward linkages are 19 sectors in which the biggest effect is experienced by information and communication sector of 0.0163, while the forward linkages are 24 sectors in which the biggest effect is experienced by health and social sectors 0.0706. Keywords: retail trade, multipler effect, linkages sector’s, input- output analysis.