Detail Karya Ilmiah
-
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Etika Mahasiswa Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel InterveningPenulis : Fitri ArshintaDosen Pembimbing I : H. Mohammad Djasuli, SE., M.Si., QIADosen Pembimbing II :Yuni Rimawati, SE., M.SAk., Ak., CaAbstraksi
ABSTRAK Persaingan yang ketat di era globalisasi saat ini menuntut berbagai kalangan berusaha untuk mempertahankan posisinya. Sebagai calon akuntan, mahasiswa saat ini tidak hanya dibekali oleh kemampuan dan kualitas yang cukup dalam teori akan tetapi dalam menjalankan profesinya di masa depan haruslah mempunyai etika dalam mendukung pekerjaannya, sehingga penyalahgunaan profesi dapat dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi etika mahasiswa akuntansi dengan love of money sebagai variabel intervening. Variabel independen terdiri dari jenis kelamin, tingkat pendidikan, usia, status sosial ekonomi dan ethnic background, variabel intervening adalah love of money dan variabel dependen adalah persepsi etika. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan menyediakan pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada responden yang merupakan mahasiswa yang masih aktif di prodi akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wilayah suramadu (surabaya – madura), sehingga populasi dipilih berdasarkan kriteria yang dijadikan sebagai sampel yang biasa disebut dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang didapatkan dari pengumpulan data berjumlah 95 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling). Pengolahan data dengan program SmartPLS versi 2.0. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kelamin, tingkat pendidikan, usia dan ethnic background tidak berpengaruh signifikan terhadap love of money, namun status sosial ekonomi berpengaruh signifikan terhadap love of money. Sedangkan tingkat pendidikan, usia, status sosial ekonomi dan ethnic backgroud tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi etis, namun jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap persepsi etika. Serta love of money tidak berpengaruh signifikan sebagai variabel intervening. Kata kunci : jenis kelamin, tingkat pendidikan, usia, status sosial ekonomi, ethnic background, love of money dan persepsi etika mahasiswa akuntansi.
AbstractionABSTRACT Competition in globalization that is very firm gives impact on every class to maintain their position. As the prospective accountant, students not only knows well about the theory but also etiquette in enduring the profession to decrease the digressing in the future. This thesis is aimed to evaluate empirically some factors that influence ethical perception of accountancy students with “love of money” as the intervening variable. Independent variables are gender, level of education, age, economic socials status, and ethnic background. Intervene variable is love of money and dependent variable is ethical perception. This thesis uses the primary data that is collected by questioner for some respondents that are still the accountancy students. Population in this thesis is all of the accountancy students in the state university (PTN) in Suramadu (Surabaya-Madura), and in choosing the population, this thesis uses the criteria as sample and called as “purposive sample”. The sample that has been collected from the questioner are 95 respondents. The technique for analyzing the data is SEM (Structural Equation Modeling). Moreover the tabulation of the data uses the program SmartPLS version 2.0. According to the result of the analysis in this thesis shows that gender, level of education, age, and ethnic background do not influence significantly toward the “love of money”, yet economic status social influences significantly toward the “love of money”. However level of education, age, economic status social, and ethnic background do not influence significantly toward the ethical perception, yet age influences significantly toward the ethical perception. “love of money” does not influence significantly as the intervene variable as well as. Keywords: gender, level of education, age, economic social status, ethnic background, love of money, ethical perception of the accountancy students