Detail Karya Ilmiah
-
PEMAHAMAN PAJAK ONLINE RETAIL MENURUT PENGUSAHA E-COMMERCEPenulis : TRI AWINDA AGUSTINADosen Pembimbing I : Nurul Herawati, S.E., M.SiDosen Pembimbing II :Robiatul Auliyah, S.E., MSAAbstraksi
ABSTRAK Tri Awinda Agustina, Pemahaman Pajak Online Retail menurut Pengusaha E-commerce. Dibawah bimbingan Nurul Herawati SE.,MSi dan Robiatul Auliyah SE., MSA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman pajak Online Retail menurut pengusaha e-commerce. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif paradigma interpretatif. Menggunakan tiga informan, yang informan penelitiannya adalah pelaku usaha e-commerce (online retail) atau bisnis online yang sudah melakukan bisnis tersebut selama satu tahun lebih. Peneliti juga ikut terjun langsung melakukan kegiatan yang informan lakukan yaitu melakukan transaksi jual beli bisnis online. Sumber data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian terkait dengan hal tersebut menunjukkan bahwa menurut ketiga informan, mereka memaknai pajak sebagai iuran wajib kepada Kas Negara berdasarkan undang-undang sehingga sifatnya dapat dipaksakan dengan tidak mendapat kontraprestasi langsung, yang hasilnya digunakan untuk membiayai pengeluaran pemerintah. Minimnya kesadaran wajib pajak terhadap pemahaman dan pengetahuan tentang peraturan pajak e-commerce (online retail) menjadi hambatan untuk terealisasinya usaha pemerintah dalam membidik pelaku e-commerce (online retail) sebagai penambah penerimaan pajak. Kata Kunci : Pajak, Online Retail, Pemaknaan, Pemahaman
AbstractionABSTRACT Agustina, Winda Tri. Understanding Taxes of Online Retail by E-commerce entrepreneurs. Under the guidance: Nurul Herawati SE., MSi and Robiatul Auliyah SE., MSA. The aims of this research is to determine the understanding of Entrepreneur’s taxes of online retail e-commerce. This research uses qualitative research approach with descriptive interpretative paradigm. This research using three informants, whom the informant are businesses e-commerce (online retail) or online business who has been doing business for one year more. Researcher also directly jump engage in activities which informants do the activities of buying and selling online businesses. The data used in this research is an unstructured interview and documentation. The results of the research shows that according to the three informants, they interpret taxes of as a mandatory contribution to the typical country based on laws which nature can be imposed does not receive direct contra, the result of which are used to finance government spending. Lack of awareness of the taxpayer to the understanding and knowledge of tax rules of e-commerce (online retail) become an obstacle to the realization of the government's efforts in targeting perpetrators of e-commerce (online retail) as tax revenue enhancer. Keywords: tax, online retail, meaning, understanding