Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, KOMITE AUDIT, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-20Penulis : Naufal UlaDosen Pembimbing I : Dr. Siti Musyarofah, S.E., M.Si., Ak., CADosen Pembimbing II :Junaidi, S.E., M.Si., Ak., CAAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kualitas audit terhadap nilai perusahaan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Berdasarkan hasil purposive sampling diperoleh 413 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sampel. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa komite audit dan kualitas audit berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial, kualitas audit, nilai perusahaan, kapitalisasi pasar.
AbstractionThis research is purposed to examine the effect of board of independent commissioner, audit committee, managerial ownership, and audit quality to firm value. This research using manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange in perio 2012-2015 as a research sample. The result obtained bu purposive sampling is 413 companies which are fit with the sample criteria. The hypothesis tested by using multiple regression analysis. The result of hypothesis testing shows that audit committee and audit quality has a positive effect to firm value, managerial ownership has a negative effect to firm value. The result also shpws that board of independent commissioner has no effect to firm value. Keyword: board of independent commissioner, audit committee, managerial ownership, audit quality, firm value, market capitalization