Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Perilaku Untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce Melalui Pendekatan TRA (Theory of Reasoned Action) (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas TruPenulis : Henis Fatqilah ; Citra Nurhayati, SE.,MA,Ak ; AdiDosen Pembimbing I : Citra Nurhayati, SE.,MA,AkDosen Pembimbing II :Adi Darmawan Ervanto, SE.,Ak.,CPAAbstraksi
Perkembangan teknologi dan informasi kian pesat. Salah satunya semakin luasnya jangkauan internet di masyarakat. Adanya jaringan internet memudahkan masyarakat dalam mencari berbagai informasi dan memudahkan dalam menjalankan bisnis e-commerce. Bisnis e-commerce ditandai dengan adanya situs jual beli online. Hal tersebut menunjukkan bahwa perilaku dalam masyarakat sesuai dengan Theory of Reasoned Action (TRA), sedangkan niat untuk menggunakan sistem e-commerce dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif, dan perilaku transaksi. Berdasarkan uraian tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk pengaruh sikap dan norma subjektif terhadap perilaku untuk bertransaksi mengggunakan e-commerce melalui pendekatan TRA (Theory Of Reasoned Action).penelitian ini menggunakan objek Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura. Jenis penelitian ini menggunakan mix methode. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis meenggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sikap berpengaruh signifikan terhadap niat untuk bertransaksi menggunakan e-commerce, Norma Subjektif berpengaruh signifikan terhadap niat untuk bertransaksi menggunakan e-commerce, Niat untuk bertransaksi berpengaruh signifikan terhadap perilaku untuk bertransaksi menggunakan e-commerce, Norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap perilaku untuk bertransaksi menggunakan e-commerce, dan Norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap perilaku untuk bertransaksi menggunakan e-commerce.
AbstractionThe development of technology and information more rapidly. One of them of the vast reach of the Internet on society. Their internet networks facilitate the public in finding a variety of information and ease of doing business e-commerce. Business e-commerce characterized by their online selling sites. It shows that behavior in society in accordance with the Theory of Reasoned Action (TRA), whereas the intention to use the e-commerce system is influenced by attitudes, subjective norms, and behavior of the transaction. Based on these descriptions researchers conducted a study that aims to influence attitudes and subjective norms on behavior to transact use traditional e-commerce approach TRA (Theory Of Reasoned Action) uses the object . This research of the Students Faculty of Economics, University Trunojoyo Madura. This research used a method mix. Data collection techniques in this research using questionnaires, interviews, and documentation, while the analytical techniques used a path analysis (path analysis). Results from this research show that attitudes have a significant effect on the intention to transact using e-commerce, Norma Subjective significant effect on the intention to transact using e-commerce, Intention to transact a significant effect on the behavior of transactions using e-commerce, Norma subjective significant effect on to conduct transactions using e-commerce, and subjective norms significantly influence the behavior of transactions using e-commerce.