Detail Karya Ilmiah

  • FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK BAGI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI USAHA KECIL MIKRO DAN MENENGAH (Studi Empiris pada Usaha Makanan Ringan di Kabupaten Gresik)
    Penulis : OKY LAILIYANA RAKHMAWATI
    Dosen Pembimbing I : Dr. Siti Musyarofah. SE., Msi.,Ak.,CA
    Dosen Pembimbing II :Gita Arasy Harwida. SE., M.Tax., Ak.,QIA.,CA
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris kesadaran membayar pajak, pengetahuan pajak, pemahaman pajak, persepsi yang baik atas efektifitas sistim pajak, kualitas pelayanan pajak terhadap kemauan membayar pajak bagi wajib pajak pengusaha makanan ringan di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan menyediakan pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada responden pengusaha UKM yang bergerak di bidang makanan ringan di Kabupaten Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha UKM makanan ringan di Kabupaten Gresik. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kesadaran membayar pajak, pengetahuan pajak, pemahaman pajak, persepsi yang baik atas efektifitas sistim pajak, kualitas pelayanan pajak terhadap kemauan membayar pajak bagi wajib pajak pengusaha makanan ringan di Kabupaten Gresik. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak bagiwajib pajak pengusaha makanan ringan di Kabupaten Gresik. Sedangkan kesadaran pajak, pemahaman pajak, persepsi yang baik atas efektifitas sistim pajak, kualitas pelayanan pajak berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak bagi wajib pajak pengusaha makanan ringan di Kabupaten Gresik Kata kunci : Kesadaran pajak, pengetahuan pajak, pemahaman pajak, persepsi yang baik atas efektifitas sistim pajak, kualitas pelayanan pajak, kemauan membayar pajak

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims to test empirically according to the consciousness of paying taxes, tax knowledge, taxes understanding, a good perception on the effectiveness of the tax system, the quality of tax services to the willingness to pay taxes for the taxpayer entrepreneurs snacks in Gresik. This study uses primary data by providing the questions in the form of a questionnaire distributed to respondents SMEs engaged in snacks industry in Gresik. The population in this study are all SMEs snacks in Gresik. Samples taken as many as 100 respondents using purposive sampling technique. The analytical method used is multiple regression analysis that aims to determine the effect of consciousness variable pay taxes, tax knowledge, understanding taxes, a good perception on the effectiveness of the tax system, the quality of tax services to the willingness to pay taxes for the taxpayer entrepreneurs snacks in Gresik. The results showed there are no significant effect of tax knowledge of the willingness to pay taxes for the SME’s snacks in Gresik. The different results showed by other independent variables. The tax awareness, the taxes understanding, a good perception on the effectiveness of the tax system, the quality of tax services significantly influence the willingness to pay taxes for the SME’s entrepreneur snacks in Gresik Keywords: Awareness tax, tax knowledge, taxes understanding, a good perception on the effectiveness of the tax system, the quality of tax services, willingness to pay taxes

Detail Jurnal