Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Pegawai RSUD Syamrabu Bangkalan.Penulis : Lutfiyah Masyita ArumDosen Pembimbing I : dra. Hj. S. Anugrahini Irawati, MM.Dosen Pembimbing II :Faidal, SE. MMAbstraksi
Dalam sebuah organisasi Total Quality Management (TQM) merupakan suatu sistem yang dapat dikembangkan menjadi pendekatan dalam menjalankan usaha untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses dan lingkungannya. Total Quality Mangement (TQM) diakui sebagai pendekatan manajemen yang dapat memperbaiki kinerja suatu organisai. Total Quality Management (TQM) sangat penting karena merupakan strategi kunci untuk memelihara keunggulan kompetitif dan merupakan cara organisasi untuk meningkatkan efektivitas kinerja secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Total Quality Management (TQM) secara simultan terhadap kinerja pegawai Rumah Sakit Syamrabu Bangkalan, (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Total Quality management (TQM) secara parsial terhadap kinerja Pegawai Rumah Sakit Syamrabu Bangkalan. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai Rumah Sakit Syamrabu Bangkalan yang berjumlah 62 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified sampling. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilitas dan uji Asumsi Klasik, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan regresi linier berganda dengan memakai uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai adjusted R Square sebesar 0,425 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 42,5%, sedangkan sisanya 47,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji F variabel Fokus pada pengguna, Respek terhadap setiap Orang, Manajemen berdasarkan fakta, dan Perbaikan Berkesinambungan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerjanya pada Rumah Sakit Syamrabu Bangkalan. Berdasarkan uji t diketahui bahwa secara parsial variabel Fokus pada Pengguna tidak berpengaruh tehadap kinerja sebesar 19,5% , Respek terhadap setiap orang berpengaruh terhadap kinerja sebesar 81,4% , Manajemen berdasarkan fakta tidak berpengaruh terhadap kinerja sebesar 39,4% dan Perbaikan berkesinambungan berpengaruh terhadap kinerja sebesar 57,4% terhadap variabel terikat. Kata Kunci : Total Quality Management (TQM) dan Kinerja Pegawai.
AbstractionThe aims of this study are (1) to know about the assembling influence of total quality management to the employee of Syamrabu hospital in Bangkalan simultaneously, (2) to know about the assembling influence of total quality management to the employee of Syamrabu hospital in Bangkalan partialy. The samples of this study are the employees of Syamrabu hospital in Bangkalan that consist of 62 persons. The writer uses stratified sampling methodology to take the sample. Testing instrument use validity test, reliability and classic assumption test. Technique analyzing data that is used to hypotheses test use the doubled linear regression with F test and t test. According to the research, the value of adjusted R square is about 0,356 it means that the important influences of acquitted variable to bundle variable is 35,6% while the balance is 64,6% that influenced by the other variable that is not detailed in this study. According to F variable test focus no the user, respect to every person, management based on a fact, and continuous upgrading give the significant influences to the employee of syamrabu hospital in bangkalan simultaneously. According to t test is known that partialy the Focus variable for the customer give the negative effect, Respect variable focus on the user does not give the influence to performance that is about 19,5% , respect to every person give the influence to performance that is about 81,4% , management based on a fact does not give the influence to performance that is about 39,4% and continuous upgrading give the influence to performance that is about 57,4% to the bundle variable. Keywords: Total Quality Management (TQM) and employee performance.