Detail Karya Ilmiah
-
pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian batik tulis Tanjungbumi Kabupaten BangkalanPenulis : Ahmad BuhoriDosen Pembimbing I : bapak Drs.mohamad Tambrin.,MMDosen Pembimbing II :ibu YUstin Chrismardani.Ssi.,MMAbstraksi
Abstrak Ahmad Buhori, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Tulis Tanjungbumi Kab. Bangkalan”, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura. Dosen Pembimbing I: Mohamad Tambrin.Dosen Pembimbing II: Yustina Chrismardani. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui variabel-variabel dalam kualitas produk yang teridiri dari kinerja, keistimewaan, kehandalan, kesesuaian dengan spesifikasi, daya tahan, serviceability, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian batik tulis Tanjungbumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel kualitas produk yang terdiri dari kinerja, keistimewaan, kehandalan, kesesuaian dengan spesifikasi, daya tahan, serviceability, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan terhadap keputusan pembelian, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan 97 responden teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, studi pustaka, dan kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur jawaban responden. Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan lebih dari dua variabel dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai adjusted R square sebesar 64,3% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kedelapan variabel independen dalam persamaan regresi linier berganda. Sedangkan sisanya sebesar 35,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar delapan variabel yang digunakan dalam penelitian ini. berdasarkan hasil uji F variabel kualitas produk yang terdiri dari kinerja (X1), keistimewaan (X2), kehandalan (X3), kesesuaian dengan spesifikasi (X4) daya tahan (X5), serviceability (X6) estetika (X7) dan kualitas yang dipersepsikan (X8) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian batik tulis Tanjungbumi Kab. Bangkalan. Berdasarkan uji t diketahui bahwa variabel kinerja (X1), keistimewaan (X2), kehandalan (X3), daya tahan (X5) dan kualitas yang dipersepsikan (X8) terbukti mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel kesesuaian dengan spesifikasi (X4), serviceability (X6) dan estetika (X7) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas yang dipersepsikan (X8) berpengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: kualitas produk dan keputusan pembelian
AbstractionAbstract Ahmad Buhori, "The Influence Quality Product Against Dicision Of Purchasing Batik Tanjungbumi Kab. Bangkalan "A Thesis, Economic Faculty, University Of Trunojoyo Madura. Advisor I: Mohamad Tambrin. Advisor II: Yustina Chrismardani. The purpose of this research is to know the variables in the form of quality of product performance, privileges, reliability, conformance with specifications, durability, serviceability, and aesthetics, qualities that are perceived its influence on batik Tanjungbumi purchasing decisions. This research uses a quantitative approach that seeks to find out how the influence of the variable quality of products consisting of privileges, performance, reliability, conformance with specifications, durability, serviceability, and aesthetics, qualities that are perceived against the decision of purchasing, sampling techniques using accidental sampling with 97 data collection techniques respondents with interviews, literature studies, and questionnaires and using likert scale to measure the respondent's answers. To test the validity of the test instrument use, reliability test, and test assumptions. While the data analysis techniques that are used more than two variables with the F test and t-test. The results showed that the variable value adjusted R square of 64,3% of purchase decisions can be explained by the eight independent variables in the equation a linear multiple regression. While the rest of the variable by 35.7 per cent of defined by other than the eight variables used in this study. based on the test results of F variable quality of products consisting of performance (X1), features (X2), reliability (X3), conformance known that variable (X4) durability (X5), serviceability (X6) aesthetics (X7) and qualities that are perceived (X8) simultaneously influence on purchasing decisions batik Tanjungbumi Kab. Bangkalan. It is known that t-test based on the variable performance (X1), features (X2), reliability (X3), durability (X5) and perceived quality (X8) proved to have influence on purchasing decisions. Conformance known that variable (X4), serviceability (X6) and aesthetics (X7) does not have an effect on purchasing decisions. Perceived quality variables (X8) influential over purchasing decisions. Keywords: quality of the product and purchase decisions.