Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN COPING STRESS TERHADAP KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK KENDANGSARI SURABAYAPenulis : fariz achiyat munirDosen Pembimbing I : Dr. H. M. Alkirom Wildan, SE., MsiDosen Pembimbing II :Drs. Ec. Mudji Kuswinarno, MsiAbstraksi
ABSTRAK Fariz Achiyat Munir, NIM. 11.02.111.000.75, Program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Trunojoyo Madura. Skripsi ini tentang Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Coping Stress Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Surabaya. Di bawah bimbingan Dr. H. M. Alkirom Wildan, SE.,Msi. Dan Drs. Ec. Mudji Kuswinarno, Msi. Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah masalah kinerja yang di pengaruhi oleh variabel independen Kecerdasan Emosional dan Coping Stress. Variabel yang dianalisis adalah Kecerdasan Emosional, Coping Stress sebagai variabel bebas dan kinerja perawat Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Surabaya sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perawat yang ada pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan rumus Slovin dan metode Cluster Sampling. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada perawat, dengan populasi sebanyak 118 dan sampel yang telah dihitung sebanyak 91. Untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier. Dari hasil penelitian dengan cara uji regresi data yang diolah dengan menggunakan SPSS, hasil uji regresi secara parsial Kecerdasan Emosional berpengaruh terhadap Kinerja Perawat dengan hasi perhitungan menunjukkan bahwa thitung sebesar sebesar 8,578 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai besar pengaruhnya 38,6% terhadap Kinerja Perawat. Nilai koefisien variabel Coping Stress diatas menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 4,475 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan besar pengaruhnya 14,5% terhadap Kinerja Perawat. Hasil Kecerdasan Emosional dan Coping Stress secara simultan dengan nilai besarnya Fhitung sebesar 68.434 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai R2 60%. Artinya Kecerdasan Emosional (X1) dan Coping Stress (X2), secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Perawat. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Coping Stress, Kinerja.
AbstractionABSTRACT Fariz Achiyat Munir, NIM. 11.02.111.000.75, Study Program: Management, Faculty of Economic, University of Trunojoyo Madura. A thesis is about the Influence of Emotional Intelligence and Coping Stress on Nurse Performance at Ibu dan Anak Kendangsari Hospital, Surabaya. Advisor (I) Dr. H. M. Alkirom Wildan, SE., Msi., (II) Drs. Ec. Mudji Kuswinarno, Msi. This background study is the problem of performance influenced by Emotional Intelligence and Coping Stress independent variable. Variable to be analyzed are Emotional Intelligence, Coping Stress as independent variables and Nurse Performance of the Ibu dan Anak Kendangsari Hospital, Surabaya as dependent variables. The samples and population are the overall nurse in Ibu dan Anak Kendangsari Hospital, Surabaya. The study applies Slovin and Culster Sampling method as the samples collecting technique. Data is obtained by spreading questionnaire to all nurse with the number of population are 118 and the counted samples are 91. Linier regression analysis is used to answer the hypothesis. The result of study is processed by using SPSS in the term of data regression test. Regression test partially shows that Emotional Intelligence influences nurse performance with the value of tcount is 8,578, significance is 0,000 < 0,05 and the amount effect on performance is 38,6%. The coefficient value of Coping Stress variable in tcount is 4,475 significance is 0,000 < 0,05 and the amount effect on nurse performance is 14,5%. The dominant influence of performance is Emotional Intelligence with the value 38,6%. The result of Emotional Inteeligence and Coping Stress simultaneously shows the value of Fcount is 68,434 with the significance is 0,000 < 0,05 and R2 is 60%. The whole value indicates that Emotional Intelligence (X1) and Coping Stress (X2) simultaneously influence the nurse’s performance. Keywords: Emotional Intelligence, Coping Stress, Performance.