Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU TELEPON SELULER XL (Studi Pada Masyarakat Dikecamatan Pademawu)Penulis : PURNOMO RAMADHANDosen Pembimbing I : Drs. Mohamad Tambrin, MMDosen Pembimbing II :Suyono, SE., M.S.MAbstraksi
ABSTRAK Purnomo Ramadhan. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telepon Seluler XL (Studi Pada Masyarakat di Kecamatan Pademawu), dibawah bimbingan Drs. Mohamad Tambrin, MM, dan Suyono, SE.,M.S.M. Masyarakat sekarang sudah teliti dan pintar dalam memilih merek. Perusahaan harus pintar menjaga pangsa pasarnya. Kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek merupakan elemen penting agar nama merek melekat dalam ingatan konsumen. XL merupakan kartu telepon seluler yang harus memperhatikan elemen-elemen ekuitas merek tersebut karena dari semua elemen pasti mempunyai pengaruh dalam keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel kesadaran merek terhadap keputusan pembelian kartu telepon seluler XL di Kecamatan Pademawu. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel asosiasi merek terhadap keputusan pembelian kartu telepon seluler XL di Kecamatan Pademawu. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian kartu telepon seluler XL di Kecamatan Pademawu. (4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel loyalitas merek terhadap keputusan pembelian kartu telepon seluler XL di Kecamatan Pademawu. (5) Untuk mengetahui dan menganalisis manakah variabel ekuitas merek yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek yang berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian kartu telepon seluler XL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian kartu telepon seluler XL (Studi Pada Masyarakat Di Kecamatan Pademawu). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 97 kuisioner dan penelitian kepustakaan. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert untuk mengukur jawaban responden. Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kartu telepon seluler XL (Studi Pada Masyarakat di Kecamatan Pademawu). Variabel kesadaran merek berpengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian kartu telepon seluler XL (Studi Pada Masyakat di Kecamatan Pademawu). Kata Kunci: Kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek dan keputusan pembelian.
AbstractionABSTRACT Purnomo Ramadhan, 2015. The influence of brand equity on Xl cellular card purchasing decisions (study on peoples pademawu subdistric), Advisor I: Drs. Mohamad Tambrin, MM; Advisor II: Suyono, SE., M.S.M. Consumers right now are thorought and smart in choosing a brand. Companies must be smart in retaining their market share. Brand awereness, brand association, perceived quality, brand loyality are important elements that should be injected in consumers memory. Xl cellular card must retain that brand equity elements considering that all the element have a great influence on purchasing decisions. The purposes of this study are (1) to determine how much is variable Brand awereness influences the purchasing decisions of Xl cellular card on pademawu subdistric, (2) to determine how much is variable brand association influences the purchasing decisions of Xl cellular card on pademawu subdistric, (3) to determine how much is variable perceived quality influences the purchasing decisions of Xl cellular card on pademawu subdistric, (4) to determine how much is variable brand loyality influences the purchasing decisions of Xl cellular card on pademawu subdistric, (5) to determine brand equity variables (Brand awereness, brand association, perceived quality, brand loyality) that mostly influence that purchasing decisions of Xl cellular card. This study uses a quantitative approach that seeks to determine the effect of Brand awereness, brand association, perceived quality, brand loyality on purchasing decisions of Xl cellular card (study on peoples pademawu subdistric). The sampling techniques used is purposive sampling with 50 respondents. Data collection techniques conducted through questionnaire and leterary research. Likert scaleis applied to measure the respondents answers. Validity, reability, and classical assumption is used to test the instrument while multiple linear regression is applied as data analyze technique for the variables use more than two variables, the F test and t test. Result indicate that Brand awereness, brand association, perceived quality, brand loyality variables simultaneously and partially affect the purchasing decisions of Xl cellular card (study on peoples pademawu subdistric) while Brand awereness has greater influence on purchasing decisions of Xl cellular card (study on peoples pademawu subdistric). Keywords: Brand awereness, brand association, perceived quality, and brand loyality?