Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMUTUSKAN MEMBELI MOTOR HONDA VARIO (STUDI PADA PEMBELI DAN PENGGUNA MOTOR HONDA VARIO WARGA RW.06 DI PERUMAHAN PONDOK JATI SIDOARJO)
    Penulis : HANGGA PUTRA PANGGAYU
    Dosen Pembimbing I : Dr. Ir. Nurita Andriani. MM
    Dosen Pembimbing II :Drs. Mohamad Tambrin. MM
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh masing-masing variabel perilaku konsumen terhadap keputusan konsumen pada pengguna sepedah motor Honda Vario serta Untuk mengidentifikasi variabel perilaku konsumen manakah yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen pada pengguna sepedah motor Honda Vario. Penggunaan data dalam analisis ini adalah data riset lapangan yang dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner kepada konsumen. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif yang diperoleh dari responden dan dinyatakan dalam bentuk tabulasi. Untuk mengetahui hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen digunakan analisis regresi linear berganda. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, memiliki hasil nilai t hitung yang sangat rendah. Faktor psikologis adalah faktor yang dominan mempengaruhi konsumen di Perumahan Pondok Jati Sidoarjo RW.06 untuk memutuskan membeli motor honda. Sedangkan hasil hitung R2 hanya menghasilkan 24,2% ini berarti budaya, sosial, pribadi dan psikologis hanya berpengaruh kecil terhadap keputusan konsumen, selebihnya 75,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata kunci : Perilaku Konsumen Budaya, sosial, pribadi, psikologis, Keputusan Pembelian

    Abstraction

    This study is aimed to know how the effect of each consumers behavior variable toward consumers decision to the users of Honda Vario motorcycle and to identify which consumers behavior that influence dominantly toward the consumers decision to the users of Honda Vario motorcycle. The data of this study is field research data which is conducted by interviewing and spreading the questionnaires to the consumers. The analysis technique that used in this study is descriptive analysis which is gained from the respondents and expressed in the form of tabulation. To know the relationship between dependent and independent variables, multiple linear regression analysis is used. With the total sample of this study are 78 respondents. The results of this study show that cultural, social, personal factors have low value of T count. Psychological factor is a dominant factor which influences the consumers in Pondok Jati Housing RW. 06 Sidoarjo in deciding to buy Honda motorcycle. While the counting result of R2 only produces 24,2% which means that cultural, social, personal, and psychological factors only give a small effect on consumers decision, the rest 75,8% are influenced by other variables that are not described in this study. Keyword: Consumers Behavior, Cultural, Social, Personal, Psychological, Buying Decision

Detail Jurnal