Detail Karya Ilmiah
-
PERBEDAAN FAKTOR KEPERCAYAAN KONSUMEN OFFLINE DAN ONLINE TERHADAP TOKO ONLINE PADA MAHASISWA FISIB UTMPenulis : Devi Slamananda RofiqohDosen Pembimbing I : Zainal Abidin, S.Psi., M.SiDosen Pembimbing II :Hera Wahyuni, S.Psi., M.Psi., PsiAbstraksi
Faktor kepercayaan konsumen merupakan hal yang mempengaruhi kesediaan konsumen dalam menerima resiko dari tindakannya maupun pihak lain dengan harapan pihak tersebut akan melakukan sesuai apa yang diinginkan oleh konsumen. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan faktor kepercayaan konsumen offline dan online terhadap toko online. Seiring perkembangan zaman, format toko online menjadi pembahasan terkini dalam ruang lingkup ritel. Subjek dari penelitian ini sejumlah 96 orang yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu konsumen toko offline dan konsumen toko online yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif dan skala faktor kepercayaan konsumen offline dan online terhadap toko online sejumlah 50 item pernyataan digunakan sebagai alat untuk pengumpulan data penelitian ini. Analisa data menggunakan uji Mann Whitney U dengan bantuan program SPSS 16.0 for window. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan faktor kepercayaan konsumen offline dan online terhadap toko online. Analisis tersebut juga menunjukkan faktor kemampuan (ability) dan integritas (integrity) tidak terdapat perbedaan pada kedua konsumen, sedangkan faktor kebaikan hati (benevolence) memiliki perbedaan antara konsumen offline dan online terhadap toko online. Kata Kunci : Faktor kepercayaan konsumen, konsumen offline, konsumen online, toko online, mahasiswa
Abstractionthe risks of his actions as well as other parties in the hope that party will do as what the consumer wants. This study aimed to determine differences in offline and online consumer trust factor to online shop. Along with the times, the format of the online shop into the current discussion within the scope of retail. The subjects of this research are 96 people were divided into two groups: offline shop consumer and online shop consumer who are students of the Faculty of Social Sciences and Humanities. By using comparative quantitative research methods and scale factor of the offline and online consumer trust to online shop about 50 statements is used as a tool for data collection of this research. Analysis of the data using the Mann Whitney U test with SPSS 16.0 for windows. The results of the analysis of the data shows that there is no difference between factor of consumer trust of offline and online consumer to online shop. The analysis also demonstrated the ability and integrity there is no difference in both the consumer, while the benevolence has the distinction between offline and online consumers to online shop. Keywords: factor of consumer trust, offline shop consumer, online shop consumer, online shop, students.