Detail Karya Ilmiah
-
Self Presentation Ayam Kampus Di MaduraPenulis : MuzayyarohDosen Pembimbing I : Yan Ariyani, S.Psi., M.Psi., PsikologDosen Pembimbing II :Abstraksi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran serta faktor-faktor dari self presentation ayam kampus di Madura. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Femenologi. Adapun penentuan sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling dengan dua orang sebagai subjek. Kriteria subjek yang diteliti adalah mahasiswi dari Madura, mahasiswi yang menjalankan aktivitas sebagai ayam kampus, berusia 20 sampai 25 tahun, menggunakan self presentation ketika berinteraksi dengan orang lain dan mahasiswi yang kuliah di salah satu universitas yang berada di Kabupaten Bangkalan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi. Teknis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yakni dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari temuan tentang Self Presentation Ayam Kampus di Madura bahwa gambaran self presentation ayam kampus memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 1. Mengambil muka atau menjilat (Ingratiation), 2. Mengancam atau menakut-nakuti (Intimidation), 3. Promosi diri (Self Promotion), 4. Pemberian contoh (Exemplification), 5. Permohonan (Supplification), 6. Aligning Action. Sedangkan faktor yang mempengaruhi self presentation ayam kampus di Madura meliputi 1. Faktor internal (keyakinan sikap individu dan nilai), dan 2. Faktor eksternal (kehadiran orang lain dan kondisi situasi). Kata kunci : Self Presentation, Ayam Kampus, Madura Daftar Pustaka : 20 (1998-2014)
AbstractionThis study is aimed to know the portraits and the factors of self presentation of “ayam kampus” in Madura. In this study, researcher used a qualitative descriptive method with Fenomenology approach. The determination of the sample used purposive sampling with two people as subjects. Criteria of the subject wer a student in Madura , who worked as “ayam kampus”, the age are around by 20 to 25 years, using self presentation the interact people and students who study at one of the universities located in Bangkalan. Methods of data collection is semi-structured interviews and observation. Technical analysis of the data is the model of Miles and Huberman, the data reduction , data presentation , and verification or conclusion. The results showed on the findings of the Self Presentation “ayam kampus” in Madura show of self presentation that has the following characteristics : 1. Taking the face or licking (Ingratiation), 2. Threatening or scaring (Intimidation), 3. Self promotion (Self Promotion ), 4. A sample ( Exemplification ), 5. Request ( Supplification ), 6. aligning Action. While the factors that affect the self presentation of “ayam kampus” in Madura are : 1. Internal factors ( beliefs individual attitudes and values ) and 2. External factors ( the presence of other people and the condition of the situation ) . Key Word: Self Presentation, Ayam Kampus, Madura Bibliography: 20 (1998-2014