Detail Karya Ilmiah
-
EFEKTIFITAS GAME PENDIDIKAN GCOMPRIS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA TAHAPAN PRAOPERASIONAL (STUDI EKSPERIMENTAL DI TK MUSLIMAT NU JOMBANG)Penulis : indayatiDosen Pembimbing I : Alifah Rahma Wati, M.Psi., PsiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Indayati, 100541100025, Efektifitas Game Pendidikan GCompris Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Tahapan Praoperasional (Studi Eksperimental di TK Muslimat NU Jombang), Program Studi Psikologi Universitas Trunojoyo Madura, 2015. xviii + 73 Halaman, 12 Lampiran Tahapan praoperasional merupakan periode tahapan perkembangan kognitif anak usia 2-6 tahun. Di mana pada periode ini, anak mulai menggunakan simbol-simbol untuk merepresentasikan dunia (lingkungan) secara kognitif dan cara berfikirnya masih bersifat sangat memusat. Anak-anak pada usia ini belum siap untuk terlibat dalam operasi mental logis. Sehingga mengenai kemampuan membaca anak masih terbatas dan perlu adanya metode yang tepat guna merangsang kemampuan bahasa pada kognitif anak. Melalui pemilihan metode game pendidikan GCompris, anak mendapatkan pembelajaran dengan metode bermain dengan tampilan audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan game pendidikan GCompris terhadap kemampuan membaca permulaan pada tahapan praoperasional. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posstest Design. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah flashcard. Subyek penelitian ini adalah anak Taman Kanak-Kanak dengan rentang usia 5-6 tahun dengan total subjek 10 orang dengan kriteria: IQ rata-rata, kelas B (nol besar). Subjek penelitian diberikan treatment berupa game GCompris selama 6 kali selama kurang lebih 60 menit. Analisis yang digunakan adalah paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada pemberian metode game GCompris terhadap kemampuan membaca permulaan (diperoleh t1 = -8.510, t2 = -22.021, t3 = -28.040, asymp.Sign sebesar 0.000 dimana 0,000 < 0,050 = signifikan dan t bernilai negatif = signifikan). Kekurangan dalam penelitian ini adalah pengaruh extraneous variable yang belum bisa dikontrol secara maksimal. Kata kunci : game GCompris, kemampuan membaca permulaan, tahapan praoperasional. Daftar Pustaka, 30 (1980-2014)
AbstractionIndayati, 100541100025, The Effectivity of GCompris Game Toward The Initial Reading Ability In Praoperational Stage (Experimental Study In TK Muslimat NU Jombang), Program Studi Psikologi Universitas Trunojoyo Madura, 2015. Psychology Study Program, University of Trunjoyo Madura, 2015. xviii + 73 Page, 12 Appendix The praoperational stage is the cognitive development stage on 2-6 years old children. In this period, the children start to use the symbols to present the world cognitively and their way of thinking still logic-centered. At this age they still not ready to be involved in logic mental operations. So for the reading skill still limited. That's why the suitable method is needed in order to stimulate the language ability in children's cognitive area. Through the correct selection of GCompris educational game, the children get the learning via game method with audiovisual display. This research is aimed to know the effectivity of GCompris educational game toward the initial reading ability in praoperational stage. The research design is experiment. The design is one-group pre test-post test meanwhile the tools for this research is flash card. The research subjects are 10 kindergarten pupils around 5-6 years old with the criteria : average IQ, grade B. The treatment in this research is GCompris game is given to the subjects 6 times for around 60 minutes each time. The researcher uses paired simple t-test as the analysis tool. The result shows there is a significant influence of this method toward the initial reading ability (it shows t1=-8.510, t2=-22.021, t3=-28.040, asymp sign 0.000 where 0,000<0,050 is significant and t negative = significant).The lack of this research is the influence of extraneous variable that can't be controlled at maximum. Keywords : GCompris game, initial reading ability, praoperational stage Reference, 30 (1980-2014)