Detail Karya Ilmiah
-
Perbedaan Epistemological Beliefs antara Santri Khalaf dan Salaf di PamekasanPenulis : ImtihanahDosen Pembimbing I : Hera Wahyuni, S.Psi., M.Psi., PsiDosen Pembimbing II :Zainal Abidin, S.Psi., M.SiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan epistemological beliefs antara santri Khalaf dan Salaf di Pesantren Pamekasan.Penelitian ini dilakukan pada santri yang berusia 16 sampai 18 tahun atau sejajar dengan siswa sekolah menengah atas. Antara lain SMA Tahfidz di Pondok Pesantren Darul Ulum dan MA di Pesantren Al Ishlah. Jumlah subjek penelitian sebanyak 156 santri dengan rincian 79 santri SMA Tahfidz dengan metode pembelajaran Khalaf dan 77 santri MA Al Ishlah dengan metode pembelajaran Salaf. Alat untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan di masing-masing pondok pesantren berupa survei guru dan alat pengumpul data epistemological beliefs berupa skala yang dikembangkan oleh Schommer tahun 2000.Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik independent-sample t-test dengan bantuan SPSS versi 21. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh dengan signifikansi 0.00 (signifikansi <0.05) dan etta squared sebesar 0.306. hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan epistemological beliefs yang sedang pada santri sekolah menengah atas yang memperoleh metode pembelajaran khalaf dan salaf. Sekolah SMA Di Pesantren Darul Ulum memiliki (M=116.03, SD=10.373) yang dalam hal ini adalah pesantren khalaf. MA di Pesantren Al Ishlah memiliki (M= 123.34, SD= 8.655) yang merupakan pesantren salaf.
AbstractionThis research aimed to know whether there is a difference of epistemological beliefs students of khalaf and salaf in pesantren Pamekasan. This research was studied with 16-18 age or was studied on senior high school. There were SMA Tahfidz in pesantren Darul Ulum and MA in pesantren Al Ishlah. There are 156 subjects in this research with details of subject are 79 students from SMA Tahfidz in Pesantren Darul Ulum with khalaf method and 77 students from MA in Pesantren Al Ishlah with salaf method. This research used teacher survey to know study method in pondok pesantren and used Epsitemological beliefs that developed from Schommer Epsitemological Scale in 2000. Data analysed with independent-sample t-test with SPSS 21.00 for windows. The result showed that significance score 0.00 (significance less than 0.05) and etta squared score 0.306. it mean there was a difference of Epistemological beliefs on senior high school students with khalaf methode and salaf method. Khalaf method which in this research is students from SMA Tahfidz in Pesantren Darul Ulum (M=116.03, SD=10.373) and salaf method which in this research is students from MA in Pesantren Al Ishlah (M=123.34, SD=8.655).