Detail Karya Ilmiah
-
Human Relation dalam Solusi Konflik di Radio Suara Sampang 102,20 FM.Penulis : Dewi SundariDosen Pembimbing I : Farida Nurul Rakhmawati, S.S.,M.SiDosen Pembimbing II :Dewi Quraisyin, S.Pd.I.M.SiAbstraksi
Dewi Sundari, 100531100102. Human Relation dalam Solusi Konflik di Radio Suara Sampang 102,20 FM. Program Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Dibawah Pembimbing 1 Farida Nurul Rakhmawati,S.S,M.Si dan pembimbing II Dewi Quraisyin,S.Pd.I.M.S.i. ABSTRAK Penelitian ini tentang Human Relation dalam Solusi Konflik di Radio Suara Sampang 102,20 FM. Tujuannya untuk mengetahui solusi konflik organisasi yang digunakan Radio Suara Sampang FM dalam memanage konflik. Lokasi penelitian Radio Suara Sampang FM , dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Wawancara semiterstruktur, dokumentasi dan observasi, digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan data dari para informan. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengidentifikasi konflik yang terjadi menjadi dua macam yaitu konflik laten dan konflik manifest. Konflik laten yang terjadi di Radio Suara Sampang FM, yaitu menggunakan penyelesaian konflik dengan Akomodasi, artinya pemimpin dalam menyelesaikan konflik memberikan keseluruhan penyelesaian kepada pihak lain tanpa ada usaha untuk memperjuangkan tujuannya. Sedangkan konflik manifest yang terjadi di Radio Suara Sampang FM, yaitu menggunakan penyelesaian konflik dengan Sharing. Konflik yang terjadi disebabkan karena alur dan saluran komunikasi yang kurang baik, artinya alur komunikasi yang terjadi di Radio Suara Sampang FM antara pemimpin dan karyawan bahkan sesama karyawan terjadi miss communication, sedangkan saluran yang digunakan di Radio Suara Sampang FM menggunakan saluran tertulis, artinya pemimpin dan karyawan jarang sekali melakukan tatap muka, seperti jarang mengadakan meeting. Hal ini dinilai kurang efektif dalam memanage konflik yang ada di Radio Suara Sampang FM karena salah satu pihak yang berkonflik akan merasa kurang adil dengan keputusan yang diperoleh. Kata kunci : Komunikasi Organisasi, Human relation , Radio Suara Sampang FM
AbstractionDewi Sundari, 100531100102. Human Relation in conflict solution in Suara Sampang Radio 102,20 FM. Communication Studies Program, Faculty of Social and Cultural Sciences, University of Trunojoyo Madura. Thesis advisors Farida Nurul Rakhmawati,S.S,M.Si and pembimbing II Dewi Quraisyin,S.Pd.I.M.S.i. ABSTRACT The title of this study is Human Relation in conflict solution in Suara Sampang Radio 102,20 FM. The purpose of this study is to know organization conflict solution used by Suara sampang FM Radio in managing the conflict. This study conducted in Suara Sampang FM Radio, uses descriptive qualitative method. Interview, documentation and observation, used for collecting the data from the source of data. Descriptive qualitative used in analyzing the data. The result of the research identified two kind of conflicts, there are Laten and Manifest conflicts. Laten conflict which happen in sampang fm radio used accommodation in solving the conflict. It means the leader gives all of the solving way to other people without any attempt to gain their purpose. In other way the manifest conflict in sampang fm radio used sharing in solving the conflict. Conflict that happened caused by the communication channel / line that is not good, means that the communication channel / line that happened in Suara Sampang FM Radio between the leader and the employee or even between both employee get miss communication, while Suara Sampang FM radio uses written channel / line, it means that the leader rarely meet directly with their employee, for example : the rarely hold a meeting. It is not really effective to manage the conflict that appears in Suara Sampang FM Radio because one of them will feel that the decision that get is not fair enough. Key words : Organization Communication, Human Relation, Suara Sampang FM Radio